Tambang Emas Martabe Beri Bantuan Pendidikan kepada 130 Pelajar

Selasa, 08 Agustus 2017 - 23:01 WIB
Tambang Emas Martabe Beri Bantuan Pendidikan kepada 130 Pelajar
Tambang Emas Martabe Beri Bantuan Pendidikan kepada 130 Pelajar
A A A
JAKARTA - PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe menunjukkan komitmennya terhadap masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan pendidikan kepada 130 pelajar di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

General Manager Operations PT Agincourt Resources, Ed Cooney mengemukakan, pemberian bantuan pendidikan melalui Martabe Prestasi merupakan program pengembangan masyarakat terbaru di bidang pendidikan tahun ini.

"Martabe Prestasi kami berikan untuk meningkatkan akses pendidikan bagi para pelajar berprestasi yang berasal dari keluarga pra sejahtera di wilayah sekitar tambang. Kami ingin para pelajar mencapai pendidikan yang lebih tinggi," ujar Ed Cooney dalam siaran persnya kepada SINDOnews, Selasa (8/8/2017).

Adapun, total dana yang diberikan Tambang Emas Martabe kepada 130 pelajar mencapai Rp257 juta. Untuk kategori penghargaan prestasi akademik, penerima berjumlah 90 orang yang terdiri dari 58 orang pelajar SD/sederajat dan 32 orang pelajar SMP/sederajat. Sementara untuk kategori penghargaan prestasi berkelanjutan (beasiswa) penerima berjumlah 40 orang, terdiri dari 24 orang pelajar SMA/sederajat, 10 orang mahasiswa Diploma/S1 di Tapanuli bagian Selatan, dan enam orang mahasiswa Diploma/S1 yang mengenyam pendidikan di luar Tabagsel.

Pelajar penerima penghargaan prestasi akademis mendapatkan manfaat berupa bantuan perlengkapan sekolah dengan nilai maksimal Rp500.000 bagi pelajar SD/sederajat dan Rp750.000 bagi pelajar SMP/sederajat.

Untuk penerima penghargaan prestasi berkelanjutan, yakni mendapatkan tunjangan uang sekolah/kuliah dan biaya hidup dengan total Rp3 juta per tahun bagi siswa SMA/sederajat hingga kelas XII. Bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan swasta di Tabagsel hingga semester 6 dan mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri dan swasta di Tabagsel hingga semester 8, masing-masing mendapatkan Rp6 juta per tahun.

Sementara itu, bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri hingga semester 6 dan mahasiswa S1 PTN/PTS hingga semester 8, di luar Tabagsel, mendapatkan Rp12 juta per tahun.

"Bantuan peralatan pendidikan untuk total 90 orang pelajar SD dan SMP akan kami berikan pada hari ini. Sementara bantuan pendidikan prestasi berkelanjutan untuk 40 orang siswa dan mahasiswa akan kami berikan langsung ke rekening bank masing-masing dalam dua tahap atau per semester. Tak hanya bantuan dana pendidikan, kami juga memiliki program magang bagi mahasiswa dan program pengabdian masyarakat melalui perkumpulan penerima beasiswa Martabe Prestasi," tambah Ed Cooney.

Adapun pendaftaran kategori penghargaan prestasi berkelanjutan (beasiswa) Martabe Prestasi telah dimulai sejak 18 Maret-18 Mei 2017, sementara untuk kategori prestasi akademis sejak 8 Mei-8 Juni 2017. Pengumuman hasil seleksi penerima Martabe Prestasi dilaksanakan pada 10 Juli 2017.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6032 seconds (0.1#10.140)