BI 7-Day Repo Rate Akhirnya Turun ke Posisi 4,5%

Selasa, 22 Agustus 2017 - 18:53 WIB
BI 7-Day Repo Rate Akhirnya Turun ke Posisi 4,5%
BI 7-Day Repo Rate Akhirnya Turun ke Posisi 4,5%
A A A
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) pada 21-22 Agustus 2017 memutuskan menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis point dari 4,75% menjadi 4,5%, dengan suku bunga Deposit Facility dan Lending Facility masing-masing sebesar 3,75% dan 5,25%, yang berlaku efektif pada 23 Agustus 2017.

Gubernur BI Agus Martowdojo mengatakan, keputusan BI tersebut konsisten dengan upaya Bank Sentral menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan tetap mendorong proses pemulihan perekonomian domestik.

"Penurunan ini juga akan diikuti dengan penurunan suku bunga instrumen lainnya, memperhatikan kebijakan moneter dengan rendahnya perkiraan inflasi 2017-2018, serta terkendalinya defisit transaksi berjalan yang dalam kondisi aman," kata Agus di Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Menurutnya, proses pemulihan ekonomi domestik terus berlanjut namun tidak sekuat perkiraan semula, terutama akibat perlambatan konsumsi meski di sisi lain terdapat peningkatan investasi. Tekanan inflasi diperkirakan sedikit berkurang di bawah perkiraan semula akibat permintaan yang masih lemah dan terkendalinya harga pangan.

"Bank Indonesia tetap mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global terutama normalisasi neraca bank sentral AS, maupun domestik terutama konsolidasi korporasi dan perbankan yang masih berlanjut," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, Bank Sentral akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta tetap memberi dukungan bagi pemulihan ekonomi lebih lanjut.

Selain itu, Bank Sentral juga terus mempererat koordinasi bersama Pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran dan mendorong kelanjutan reformasi struktural agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.‎
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4088 seconds (0.1#10.140)