Indeks Keyakinan Konsumen bulan Agustus Melemah

Jum'at, 08 September 2017 - 18:43 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen bulan Agustus Melemah
Indeks Keyakinan Konsumen bulan Agustus Melemah
A A A
JAKARTA - Survei Konsumen Bank Indonesia melansir Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Agustus 2017 melemah. IKK bulan Agustus berada di angka 121,9, lebih rendah 1,5 poin dari IKK bulan Juli yang berada di angka 123,4. Meski demikian, BI menyebut IKK tetap berada di level optimis.

"Meski turun, hasil survei mengindikasikan terjaganya optimisme konsumen karena ditopang oleh ekspektasi terhadap meningkatnya ketersediaan lapangan kerja dalam enam bulan mendatang," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam siaran pers, Jumat (8/9/2017).

Agusman menerangkan lebih rendahnya IKK Agustus karena menurunnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama (durable goods).

Sejalan dengan penurunan indeks penghasilan saat ini, lanjut Agusman, rata-rata rasio pengeluaran untuk konsumsi juga menurun 0,2% menjadi 63,8% dan rasio pembayaran cicilan menurun 0,3% menjadi 15,1%. Sebaliknya, porsi tabungan meningkat sebesar 0,5% menjadi 21,1%.

"Penurunan konsumsi yang diikuti dengan peningkatan porsi tabungan merupakan indikasi adanya penyesuaian perilaku pola konsumsi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, konsumen memperkirakan tekanan harga meningkat pada tiga dan enam bulan mendatang. Namun, tekanan harga dalam 12 bulan mendatang diperkirakan menurun.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7019 seconds (0.1#10.140)