BCA Tingkatkan Transaksi Non Tunai

Jum'at, 15 September 2017 - 04:34 WIB
BCA Tingkatkan Transaksi Non Tunai
BCA Tingkatkan Transaksi Non Tunai
A A A
SEMARANG - Kalangan perbangkan terus berupaya meningkatkan transaksi non tunai untuk mendukung program cashless society dari Bank Indonesia dan pemerintah.

Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia secara resmi menerbiitkan peraturan tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau disebut National Payment Gateway. Peraturan itu dituangkan dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/8/PBI/2017.

Kepala Kanwil II BCA Jawa Tengah dan Yogyakarta, Gunawan Budi Santoso mengatakan, sebagaimana aturan dari Bank Indonesia, transaksi pembayaraan ritel domestik dijalankan secara interkoneksi dan interoperabilitas untuk mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman dan efisien.

Gunawan mengatakan, sebagai bentuk dukungan terhadap program Bank Indonesia dan pemerintah, BCA terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan mengarahkan agar transaksi pembayaran menggunakan kartu, baik kartu kredit, Flazz atau debet.

"Untuk kartu Flazz bisa dipakai untuk belanja dan bayar tol. Saat ini ada 300 ribuan kartu Flazz yang disebar di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta," katanya, Kamis (14/9/2017).

Ia mengungkapkan, melalui kartu Flazz, pihaknya mencoba mengubah gaya hidup masyarakat dalam sistem pembayaran yang tadinya dengan transaksi tunai, diarahkan kepada transaksi non tunai atau melalui pembayaran uang elektronik.

"Banyak nasabah BCA merupakan pedagang yang sering melakukan transaksi pembayaran. Sehingga, kami terus mencoba menggerakkan dan mengarahkan masyarakat menggunakan kartu Flazz yang diterbitkan BCA sebagai kartu bertransaksi nontunai," ujarnya.

Saat ini, kata dia, kartu Flazz BCA bisa digunakan di 22 kota di seluruh Indonesia. Diantaranya Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Khusus di Semarang saat ini pihaknya tengah mempersiapkan penggunaan kartu flazz untuk pembayaran tol. "Saldo maksimum di kartu Flazz BCA sebesaar Rp1 juta dan minimum top up Rp20 ribu," ujarnya.

Untuk terus mensosialisasikan penggunaan kartu flazz, dalam berbagai event yang dilakukan BCA selalu menerapkan transaksi non tunai. Salah satunya seperti pada event BCA Expo 2017 di Marina Convention Center (MCC) beberapa waktu lalu. "Pada saat BCA Expo semua transaksi menggunakan non tunai," terangnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2521 seconds (0.1#10.140)