ADB Jaga Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Asia di Level 5,8%

Selasa, 26 September 2017 - 11:50 WIB
ADB Jaga Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Asia di Level 5,8%
ADB Jaga Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Asia di Level 5,8%
A A A
JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) menyakini pertumbuhan ekonomi Asia berada dalam jalur positif untuk tumbuh lebih cepat tahun ini. Hal itu lantaran pemulihan menyeluruh pada perdagangan global, ekspansi China serta risiko dari pengecangan kebijakan moneter Amerika Serikat (AS).

ADM memperkirakan ekonomi Asia akan tumbuh sebesar 5,9 dan 5,8%, untuk masing-masing di tahun 2017 dan 2018. Proyeksi tersebut tidak berubah dari perkiraan Juli, tetapi lebih tinggi dari prediksi yang dikeluarkan Asia pengembangan Outlook (ADO) pada bulan April.

"Tahun depan kami perkirakan 5,8% karena perbaikan-perbaikan tadi. Kemudian untuk secara keseluruhan tahun 2017 akan mencapai 5,9%, itu khusus untuk negara berkembang di kawasan Asia," ujar Ekonom Kepala ADB Yasuyuki Sawada saat konferensi pers ADB di Gedung The Plaza, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Dia melanjutkan, negara-negara dikawasan tersebut harus memanfaatkan prospek ekonomi jangka pendek yang menguntungkan tersebut untuk melakukan reformasi di negaranya.

"Reformasi tersebut untuk meningkatkan produktivitas, berinvestasi pada infrastruktur, saya rasa itu yang sangat dibutuhkan dan tentunya mempertahankan manajemen makroekonomi yang baik demi meningkatkan potensi pertumbuhan jangka panjang," paparnya.

Secara garis besar, Yasuyuki meyakini, pertumbuhan kawasan Asia yang sedang berkembang ini, terangkat berkat pulihnya kegiatan perdagangan utamanya dari ekspor. "Di luar RRT pun, delapan perekonomian berkembang terbesar di kawasan ini mengalami kenaikan rill ekspor di sektor manufaktur," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7699 seconds (0.1#10.140)