Lion Group Bangun Fasilitas MRO Tercanggih di Asia

Kamis, 12 Oktober 2017 - 13:45 WIB
Lion Group Bangun Fasilitas MRO Tercanggih di Asia
Lion Group Bangun Fasilitas MRO Tercanggih di Asia
A A A
BATAM - Memiliki armada pesawat yang besar, membuat Lion Group membangun Batam Aero Technic (BAT), sebuah fasilitas maintenance repair overhaul (MRO) dengan total area 28 hektare di Batam, Kepulauan Riau. Selain untuk pemeliharaan dan perawatan pesawat, BAT juga memiliki fasilitas pengetesan pesawat.

General Manager Logistic BAT, Dedeng Achmadi menjelaskan adanya fasilitas pengetesan pesawat, membuat MRO milik Lion Group menjadi yang tercanggih di Asia. Pasalnya, hanya BAT satu-satunya MRO di Benua Kuning yang memiliki fasilitas mumpuni tersebut.

"Nantinya BAT tidak hanya memiliki fasilitas perbaikan dan perawatan, tapi juga pengetesan mesin pesawat. Kalau ini selesai terbangun maka kami satu-satunya MRO di Asia yang memiliki fasilitas itu," kata Dedeng, Batam, Kamis (12/10/2017).

Saat ini, terang dia, area yang telah terbangun seluas 4 hektare dan bisa menangani 12 pesawat narrow body (berbadan ramping) dan akan bertambah lagi seiring dengan bertambahnya maskapai.

Dedeng melanjutkan, perluasan pembangunan fasilitas BAT dilakukan secara bertahap, yakni hingga tiga tahap yang akan rampung pada tahun 2022 mendatang. "Sampai dengan tahun 2022 hanggar BAT akan dapat menampung 38 pesawat sekaligus," imbuhnya.

Lanjut Dedeng, perluasan dan pengembangan tersebut tidak lain untuk memenuhi kebutuhan perawatan dan perbaikan, sejalan dengan bertambahnya jumlah pesawat yang dimiliki Lion Group.

"Karena kami sekarang sudah memiliki 250 pesawat ya, dan dibutuhkan hanggar maintenance yang lebih besar," ungkapnya.

Seperti diketahui, pesawat-pesawat milik Lion Group tidak hanya dioperasikan di Indonesia di bawah maskapai Lion Air, Batik Air, dan Wings Air. Lion Group juga mengoperasikan pesawat di kawasan Asia Tenggara melalui Malindo dan Thai Lion.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)