Darmin Optimistis Ekonomi RI Tahun Ini Tumbuh Dekati 5,4%

Senin, 16 Oktober 2017 - 15:03 WIB
Darmin Optimistis Ekonomi RI Tahun Ini Tumbuh Dekati 5,4%
Darmin Optimistis Ekonomi RI Tahun Ini Tumbuh Dekati 5,4%
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution tetap optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun ini positif, mendekati 5,4%.

"Pertumbuhan ekonomi tahun ini kalau kita melihat akan bergerak di angka mungkin mendekati 5,4%," kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Angka ini lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. Bahkan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) mematok pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini 5,2%.

"Memang WB atau IMF misalnya menurunkan ke arah 5,2% itu, mereka melihatnya lebih dari segi karena kita tidak adjust harga BBM, sehingga dianggap subsidinya agak terlalu besar. Makanya dia turunkan sedikit dari 5,3% menjadi 5,2%, tadinya 5,4% juga mereka," tuturnya.

Darmin menerangkan, pertumbuhan ekonomi akan lebih baik setelah melihat investasi dan ekspor Indonesia yang terus membaik meski jika dilihat secara month to month (MtoM) angkanya tidak terlalu tinggi. Namun, jika dilihat secara tahunan (YoY) ekspor jauh lebih tinggi.

"Karena pada dasarnya, pertumbuhan ekonomi itu dilihat dari sisi pengeluaran penentu utamanya adalah investasi, konsumsi rumah tangg, ekspor impor dan belanja pemerintah," jelas Darmin.

Sektor belanja pemerintah memang belum terlalu baik, namun tetap tumbuh cukup baik. Pertumbuhannya lebih tinggi dibanding tahun lalu, meski tidak setinggi yang diharapkan.

Secara keseluruhan, Darmin melihat bahwa perkembangan ekonomi masih baik meskipun memang tidak terlalu menggembirakan dari segi pertumbuhan penerimaan pemerintah.

"Tapi tumbuh lho, lebih baik dari tahun lalu, tapi tidak seperti yang diharapkan. Kemudian, kredit tumbuhnya kalau YoY bergerak pada 8%-9%, artinya untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi seperti yang diperkirakan agak susah," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4418 seconds (0.1#10.140)