Sofyan Basir Pastikan Porsi PLN di Proyek 35.000 MW Tak Dipangkas

Kamis, 19 Oktober 2017 - 17:38 WIB
Sofyan Basir Pastikan Porsi PLN di Proyek 35.000 MW Tak Dipangkas
Sofyan Basir Pastikan Porsi PLN di Proyek 35.000 MW Tak Dipangkas
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memastikan, porsi perseroan dalam pembangunan proyek kelistrikan 35.000 megawatt (MW) tidak akan dipangkas. Saat ini, perseroan memiliki porsi 10 megawatt (MW) dalam proyek tersebut, sementara sisanya garapan swasta (independent power producer/IPP).

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menuturkan, pihaknya hanya akan menyesuaikan jangka waktu pengoperasian (commercial operation date/COD) dari proyek tersebut. Nantinya, perseroan akan merevisi Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun depan.

"Tidak dipangkas, tapi disesuaikan jangka waktunya untuk COD. Pemangkasan tidak ada. Tetap 10.000 MW. Waktu COD disesuaikan. Nanti di RUPTL kedepan ini," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya, pengoperasian pembangkit-pembangkit tersebut akan melihat kondisi riil di lapangan. Jika memang kebutuhan (demand) akan listrik naik maka akan mulai dioperasikan, sementara jika permintaan rendah maka pengoperasian akan ditunda terlebih dahulu.

"Jadi, begitu demand-nya tumbuh ya kita jadikan. Demand lambat kita mundurkan. Nah, demand itu kan sangat tergantung pada pertumbuhan ekonomi kita. Kalau tidak nanti kita yang salah," imbuh dia.

Dengan demikian, mantan Bos BRI ini memastikan proyek kelistrikan 35.000 MW tetap jalan. "Proyek pemerintah 35.000 MW tetap harus jalan. Waktu jadinya kapan, COD nya aja yang disesuaikan," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8557 seconds (0.1#10.140)