Indonesia CSR Award 2017 Diikuti 27 Perusahaan

Rabu, 29 November 2017 - 01:09 WIB
Indonesia CSR Award 2017 Diikuti 27 Perusahaan
Indonesia CSR Award 2017 Diikuti 27 Perusahaan
A A A
JAKARTA - Kegiatan Indonesia CSR Award tahun 2017 merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiga tahun sekali, bekerja sama dengan lembaga/kementerian terkait. Untuk kali ini, kerja sama dilakukan antara CFCD dengan BSN (Badan Standarisasi Nasional) sebuah lembaga yang berada dibawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kerja sama dengan BSN dilakukan karena kegiatan kali ini mengusung kegiatan CSR perusahaan yang berbasis ISO 26000;2013. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28-30 November 2017, merupakan kegiatan kelima yang diselengarakan oleh CFCD semenjak tahun 2005.

Rangkaian kegiatan Indonesia CSR Award 2017 antara lain terdiri dari Konferensi Nasional CFCD Kelima, Expo, dan penganugrahan Indonesia CSR Award. Konferensi Nasional merupakan ajang pergantian pengurus CFCD, sekaligus juga sebagai upaya untuk memperkaya khasanah pengetahuan tentang CSR, baik yang berlaku di Indonesia maupun Internasional, serta ajang reuni anggota CFCD yang saat ini anggotanya sudah mencapai lebih dari 300 perusahaan.

Expo merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk dampingan Program CSR sekaligus ajang sharing program CSR yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Sementara penganugrahan Indonesia CSR Award merupakan bentuk penghargaan kepada perusahaan yang sudah melakukan Program CSR berbasis ISO 26000. Penghargaan juga diberikan untuk tingkat CEO, Manajemen, Lapangan dan Pelaku Mitra.

Konferensi Nasional CFCD Kelima dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama dengan Kepala BSN. Selain itu, ditampilkan juga materi tentang Tindak Lanjut Deklarasi Kampong CSR to SDGs, dalam mensinergiskan program berbasis Rencana Aksi Nasional dan Rencana Aksi Daerah yang akan diisi oleh Kementerian BPN/Bappenas.

Materi lainnya yang akan dibawakan adalah view point CSR Best Practice Perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk, PT Asian Agri Group dan PT Sinar Mas serta beberapa perusahaan penerima anugrah platinum ICA 2017. Acara Konfrensi Nasional CFCD Kelima ditutup dengan Kunjungan ke DPR RI untul sharing terkait beberapa kebijakan yang berhubungan dengan CSR Perusahaan.

Kegiatan Expo lebih didominasi oleh perusahan pertambangan seperti PT Adaro, PT Kaltim Prima Coal, PT Aneka Tambang, PT Agin Court, PT Kideco Jaya Agung, dan PT Inalum. Namun beberapa perusahaan perkebunan dan industri seperti PT Inti Indosawit Subur-Asian Agri, PT Sinar Mas dan PT Semen Padang juga turut serta dalam ajang expo ini. Selain itu juga ada perusahaan yang bergerak dalam bidang Energi yaitu PLN dan Lembaga Mitra seperti LPMAK-Papua.

Kegiatan Penganugrahan Indonesia CSR Award diikuti oleh 27 Perusahaan terdiri dari 13 perusahaan tambang dan energi, 12 perusahaan industri dan manufaktur, 1 perusahan yang bergerak dalam bidang pertanian dan agroindustri, serta 1 perusahaan jasa.

"Mereka mengajukan program dengan total 96 program yang terdiri dari 44 program di perusahaan kategori tambang dan energi, 1 program di perusahaan kategori pertanian dan agroindustri, 33 program di perusahaan kategori industri dan manufacturing, serta 8 program di Perusahaan yang terkategori Jasa," ujar Ketua Umum CFCD 2014-2017 Tri Harjono dalam keterangan resmi, Selasa (28/11/2017).

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh kategori perorangan dengan jumlah 12 pelaku terdiri dari tingkat CEO 3 orang, tingkat manajemen 4 orang, tingkat lapangan 2 orang dan tingkat pelaku mitra 2 orang.

Penghargaan yang diberikan untuk program terdapat empat kategori yaitu platinum, gold, silver dan apresiasi. Berbeda dengan penghargaan lainnya, pemberian penghargaan dalan Indonesia CSR Award dipertandingkan antara perusahaan yang sejenis dengan program dan sub program sejenis yang diusulkan, sehingga hanya akan ada 1 platinum, 2 gold dan 3 silver untuk perusahaan, program dan subprogram yang sama.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)