Pemkot Semarang Komitmen Tingkatkan Sektor IKM

Jum'at, 15 Desember 2017 - 23:09 WIB
Pemkot Semarang Komitmen Tingkatkan Sektor IKM
Pemkot Semarang Komitmen Tingkatkan Sektor IKM
A A A
SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang semakin gencar meningkatkan sektor Industri Kecil Menengah (IKM), untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan meningkatkan akses pasar baik domestik dan internasional melalui penggunaan rumah promosi IKM Kota Lama yang menampilkan produk unggulan IKM.

Selain itu, menjalin sinergitas antar stakeholder baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendorong daya saing produk IKM, dan memberikan kesempatan kepada IKM dalam memasarkan produknya melalui rumah promosi IKM Kota Lama.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Pemkot Semarang beberapa waktu lalu, telah menandatangani nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) tentang pengembangan IKM melalui pemberdayaan rumah promosi di Kota Lama Semarang.

"Nota kesepahaman tersebut bertujuan meningkatkan akses pasar baik domestik dan internasional melalui penggunaan rumah promosi IKM kota lama," katanya, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ruang Lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi pemanfaatan Gedung PT PPI yang akan digunakan menjadi Rumah Promosi IKM Kota Lama. "Selain itu, Pendirian Rumah Promosi IKM Kota Lama di Semarang, renovasi rekondisi dan pengelolaan gedung yang digunakan untuk rumah promosi IKM Kota Lama, serta promosi dan pemasaran produk unggulan IKM di Rumah Promosi IKM Kota Lama," tuturnya.

Dalam kerja sama tersebut, peran dan tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang di antaranya untuk mengelola gedung PPI untuk dijadikan rumah promosi IKM Kota Lama.

Melakukan renovasi gedung PPI, bersama PPI menyusun rencana anggaran biaya renovasi, dan dengan berbagai pihak melakukan promosi produk unggulan IKM di rumah promosi IKM di Kota Lama.

Dia menyebutkan, kerja sama tersebut akan berlangsung selama tiga tahun dan nantinya Rumah Promosi Kota Lama akan berlokasi di Tanjung Mas Semarang Utara Kota Semarang.

"Sama halnya dengan Semarang Kreatif Galeri, keberadaannya diharapkan dapat meningkatkan IKM dan sector pariwisata di Kota Semarang," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)