Bill Gates Sempat Ramal Bitcoin Lebih Baik dari Mata Uang

Rabu, 20 Desember 2017 - 13:57 WIB
Bill Gates Sempat Ramal Bitcoin Lebih Baik dari Mata Uang
Bill Gates Sempat Ramal Bitcoin Lebih Baik dari Mata Uang
A A A
NEW YORK - Sejumlah investor terkemuka di dunia telah mempertimbangkan akan terjadi kegilaan pada bitcoin, dengan beberapa peringatan untuk menghindarinya "seperti sebuah wabah" dan yang lainnya mengatakan tidak apa-apa jika diinvestasikan.

Seperti dikutip dari CNBC, Rabu (20/12/2017), pendiri Microsoft Bill Gates belum terlalu banyak bicara tentang masalah tersebut akhir-akhir ini, namun dia telah mengungkapkan pendapat positif di masa lalu.

"Bitcoin sangat menarik karena menunjukkan betapa murahnya itu," kata miliarder Bill Gates kepada Bloomberg pada 2014.

"Bitcoin lebih baik daripada mata uang karena Anda tidak harus secara fisik berada di tempat yang sama dan tentu saja, karena transaksi besar, mata uang bisa sangat merepotkan," imbuhnya.

Crypto currency seperti bitcoin dapat digunakan untuk membeli barang tanpa perantara, artinya kurang dibutuhkannya sebuah bank. Meskipun sistem perbankan tradisional dapat mengenakan biaya transaksi yang tinggi, namun bitcoin memungkinkan transaksi global berlangsung dengan biaya lebih rendah.

Hanya karena itu "lebih baik dari mata uang" tidak berarti Crypto currency akan menggantikan uang kuno. Dalam sebuah wawancara dengan Backchannel pada 2015, Gates menegaskan bahwa teknologi bitcoin adalah teknologi yang dapat "membuat uang bergerak antar negara lebih mudah dan mendapatkan biaya turun cukup dramatis".

Namun, dia berkata bahwa bitcoin tidak akan menjadi sistem yang dominan. Seperti yang dia katakan bahwa kita membutuhkan hal-hal yang menarik revolusi bitcoin, tapi hanya sedikit saja yang mengandung bitcoin.

Saat ini, bitcoin sudah mengalami beberapa masalah, termasuk waktu transaksi yang lambat dan meningkatnya biaya-biaya transaksi.

Pakar lain sepakat bahwa bitcoin tidak akan menjadi dominan. Ini terlalu fluktuatif untuk menjadi mata uang yang dapat diandalkan, bintang "Shark Tank" dan investor Kevin O'Leary mengatakan kepada CNBC Make It: "Faktanya adalah ini sangat tidak stabil-volatilitas adalah dua arah, semuanya naik dan turun bahwa tidak ada seorang pun di Transaksi substantif akan mengambil risiko itu. Jadi, ini jauh dari mata uang.

"Namun, apakah itu aset? Ya, ini adalah salah satu aset paling sukses di planet ini sekarang karena ini adalah spekulasi global," imbuhnya.

Nilainya juga sulit untuk ditunjukkan, karena itulah sangat berhati-hati saat berinvestasi dalam crypto. "Saya tidak tahu nilainya, dan juga bukan orang lain," kata O'Leary.

"Ketidakstabilan membuat sangat sulit bagi saya sebagai investor untuk memasukkannya ke dalam portofolio. Jadi bagi saya, ini adalah spekulasi,"
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3546 seconds (0.1#10.140)