DPR Gaet Parlemen Italia Dorong Pengembangan Panas Bumi

Kamis, 28 Desember 2017 - 06:24 WIB
DPR Gaet Parlemen Italia Dorong Pengembangan Panas Bumi
DPR Gaet Parlemen Italia Dorong Pengembangan Panas Bumi
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendorong penuh upaya negara melakukan pengembangan energi terbarukan, khususnya tentang panas bumi. Untuk mendorong hal itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto bersama Komisi VII DPR telah melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Italia, Marina Sireni di Roma, Italia.

DPR melakukan upaya hubungan bilateral Indonesia dan Italia dengan melakukan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, seperti bidang politik, ekonomi, keamanan, sosial, dan budaya.

"Tujuan pertemuan ini bukan hanya untuk memperkuat hubungan kedua parlemen, juga untuk menekankan kembali pentingnya kerja sama kedua negara yang dapat dikembangkan lebih lanjut, terutama di bidang energi terbarukan seperti panas bumi," ucapnya melalui pesan tertulis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Menurutnya, untuk mendorong dan mewujudkan pengembangan di bidang panas bumi, diperlukan berbagai kerja sama dengan semua pihak, termasuk Italia. Untuk kawasan Eropa Barat, Italia menduduki peringkat ketiga setelah Belanda dan Jerman dalam pengelolaan natural resources (sumber daya alam)

"Italia merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia yang menempati peringkat ke-19, sebagai negara di dunia yang menjadi tujuan ekspor non migas Indonesia. Bagi Indonesia, pengembangan energi panas bumi mutlak diperlukan, jika kita ingin mencapai tujuan nasional swasembada energi dan menjadi produsen tenaga panas bumi terbesar di dunia," ungkapnya.

Politikus Partai Demokrat itu menyatakan apresiasinya, lantaran sudah terselenggaranya kerja sama yang dapat mengakselerasi agenda pembangunan dan memberikan kemaslahatan untuk bangsa Indonesia. "Kami menyambut baik dan mendukung investor dalam bidang energi maupun sektor lain yang membantu pembangunan nasional, ilmu pengetahuan serta teknologi," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4541 seconds (0.1#10.140)