Bos SKK Migas Ogah Harga Gas Blok Masela Ditawar Miring

Selasa, 09 Januari 2018 - 15:50 WIB
Bos SKK Migas Ogah Harga Gas Blok Masela Ditawar Miring
Bos SKK Migas Ogah Harga Gas Blok Masela Ditawar Miring
A A A
JAKARTA - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi menolak mentah-mentah tiga pelaku industri yang ingin membeli gas di blok migas Masela, Maluku dengan harga miring. Betapa tidak, tiga industri yang diajukan Kementerian Perindustrian ini menawar harga gas di lapangan Abadi tersebut dengan harga USD3 per MMBTU.

(Baca Juga: Gross Split Bikin Pemerintah Pede Lelang Blok Migas Besar-besaran
Dia mengakui, beberapa waktu lalu pihaknya memang menerima penawaran dari industri untuk membeli gas di Masela. Namun, dia memastikan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan mengenai hal tersebut.

"Jadi untuk Blok Masela, alokasi gas untuk pipa itu sudah disampaikan 150 mmscfd. Siapa pembelinya masih belum ditetapkan. beberapa waktu lalu, beberapa yang berminat memang menawar harga gasnya USD3," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Baginya, penawaran harga yang diajukan industri tersebut tidaklah masuk akal. Betapa tidak, harga gas di Teluk Bintuni diperkirakan mencapai USD5,2 per MMBTU, sementara gas di Masela ditawar rendah di angka USD3 per MMBTU.

Tak hanya itu, salah satu blok migas yang ada di China yang gasnya telah dialirkan untuk pabrik petrokimia dan memproduksi methanol hingga plastik pun harga gasnya lebih tinggi yaitu sekitar USD6,2 per MMBTU. Oleh sebab itu, Amien enggan menerima penawaran dari industri yang ingin membeli gas di Masela dengan harga USD3.

"Kami pergi ke China perusahaan berbasis gas pabrik petrokimia memproduksi metanol, memproduksi sampai ke plastik macam-macam downstream, itu harga gas USD6,2 per MMBTU. Jadi kalau industri hanya mampu menawar USD3 per MMBTU, SKK Migas akan mencari pembeli sendiri," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5155 seconds (0.1#10.140)