PLN Tandatangani HoA kerja Sama Studi dengan ITS

Selasa, 23 Januari 2018 - 16:57 WIB
PLN Tandatangani HoA kerja Sama Studi dengan ITS
PLN Tandatangani HoA kerja Sama Studi dengan ITS
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) terus melakukan pengembangan pendidikan, penelitian dan penerapan teknologi ketenagalistrikan dengan sejumlah universitas terkemuka di Indonesia. Komitmen itu diwujudkan dengan penandatanganan enam dokumen kesepakatan (head of agreement/HoA) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

HoA ini merupakan perjanjian yang lebih mengikat dibandingkan nota kesepahaman (MoU) yang berisi gambaran umum lingkup pekerjaan kerja sama unit-unit PLN dengan ITS. Tindak lanjut dari HoA ini nantinya adalah kontrak/perjanjian kerja sama.

Penandatangan HoA dilakukan antara ITS, yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha (BPPU) ITS Ketut Gunarta dengan para General Manager unit-unit PLN Regional Sumatera, yang diwakili oleh unit-unit Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (KITSBU), Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (KITSBS), Wilayah Sumut, Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR), Wilayah Bangka Belitung dan Distribusi Lampung. Selain itu, penandatanganan juga dilakukan antara ITS dengan PT PJB.

Penandatanganan juga disaksikan oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera, Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Fistantara, serta Kepala Divisi Pengembangan PLN Regional Sumatera Budi Pangestu.

HoA ini merupakan tindak lanjut dari lawatan PLN dan sejumlah rektor universitas dan praktisi pendidikan ke China pada akhir 2017, serta implementasi penandatanganan MoU tentang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Teknologi Ketenagalistrikan antara Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, dengan Rektor ITS Joni Hermana pada tanggal 29 November 2017.

Setidaknya terdapat total 36 kerja sama bidang ketenagalistrikan yang akan dilakukan, yang kajian studinya meliputi sisi pembangkitan hingga aspek distribusi; masing-masing terdiri dari 25 kerja sama antara ITS dengan PLN Regional Sumatera, dan 11 kesepakatan kerja sama antara ITS dengan PT PJB.

Diharapkan kerja sama ini akan memberi manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi PLN, hasil studi ini akan dapat membantu menyelesaikan permasalahan lapangan yang dihadapi, maupun untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan Pemerintah. Sedangkan bagi ITS, kesempatan ini juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan teori dan melakukan inovasi dalam kondisi yang nyata di lapangan.

"Kami harap kerja sama ini nantinya bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bisa menciptakan teknologi dan kinerja yang efisien untuk perkembangan infrastruktur kelistrikan Tanah Air," ungkap Direktur Regional Bisnis Sumatera Wiluyo Kusdwiharyo melalui siaran pers, Selasa (23/1/2018).

Rintisan kerja sama ini juga diharapkan membuka jalan dalam memenuhi harapan menteri BUMN dan direksi PLN dalam meningkatkan kemampuan sumber daya Indonesia di bidang ketenagalistrikan serta memotivasi sinergi antara PLN dan perguruan tinggi lain di Indonesia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8090 seconds (0.1#10.140)