PLN Raih Dua Kategori Penghargaan CSR dari SINDO Media

Jum'at, 26 Januari 2018 - 17:00 WIB
PLN Raih Dua Kategori Penghargaan CSR dari SINDO Media
PLN Raih Dua Kategori Penghargaan CSR dari SINDO Media
A A A
JAKARTA - PLN kembali menuai prestasi positif melalui berbagai kegiatan corporate social responsibility (CSR). Dua program PLN Peduli atau CSR PLN meraih apresiasi pada Kategori Lingkungan dan Kategori Pemberdayaan Ekonomi dalam ajang Apresiasi CSR 2017 dari SINDO Media di Hotel Aryaduta, Jakarta pada Kamis (25/1/2018).

Acara ini untuk memberikan apresiasi atas inovasi dan kreativitas perusaahan dalam menjalankan kegiatan CSR. Sehingga, diharapkan semakin memicu perusahaan untuk meningkatkan kegiatan maupun kualitas CSR.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo berpesan bahwa CSR seharusnya bisa menjadi media untuk perusahaan ikut ambil bagian dalam proses mengurangi ketimpangan. Sehingga, nantinya banyak potensi daerah akan tergali yang dapat meningkatkan perekonomian.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para perusahaan yang telah bersedia menyisihkan keuntungannya untuk melaksanakan kegiatan CSR. CSR jangan hanya menjadi ajang charity, tetapi harus menjadi sarana bagi perusahaan untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Sehingga, muncul inovasi serta pengembangan yang berdampak baik bagi kita semua," terang Eko.

Hal tersebut telah dilakukan PLN lewat dua program CSR yang berhasil meraih penghargaan, yaitu Program Pembersihan Sungai Besai untuk Kategori Lingkungan serta Program Pengembangan Desa Wisata Pandansari untuk Kategori Pemberdayaan Ekonomi. Penerimaan penghargaan untuk PLN diwakili Zubaidah selaku Manajer Senior CSR PLN.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengungkapkan, rasa syukurnya atas penghargaan CSR yang diterima PLN. "Terkait dengan penghargaan ini, kami mengucap syukur atas pencapaian ini dalam kategori lingkungan serta kategori pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Dua program ini bagian dari program PLN Peduli atau sebagai bentuk tanggung jawab sosial PLN kepada masyarakat sekitar. Untuk lingkungan, PLN melakukan program peduli aliran sungai yang ada di sekitar pembangkit, yaitu Sungai Besai.

"Sementara untuk pemberdayaan ekonomi, kita mengali potensi sebuah desa biasa menjadi desa yang memiliki potensi wisata bernama Desa Pandansari," ujar Made.

Peduli Daerah Aliran Sungai Besai di Provinsi Lampung merupakan program yang diinisiasi PLN untuk melakukan pengerukan sedimentasi yang terjadi di Sungai Way Besai. Laju sedimentasi di sungai ini sangat cepat dan meningkat hampir lima kali lipat dari laju sedimentasi desain.

Dengan adanya kondisi tersebut dapat memperpendek jadwal operasional PLTA Besai pada waktu beban puncak. Dalam hal ini, PLN Peduli melibatkan masyarakat, komunitas, akdemisi dan pemerintah daerah setempat.

Kegiatan tersebut antara lain melatih masyarakat di Daerah Aliran Sungai (DAS) Way Besai untuk memonitor hujan dan sedimen yang dihasilkan, mengukur kadar sedimentasi, menanam bibit tanaman, memperbaiki DAS atau membangun bantaran dari batu dan kawat, serta melakukan konservasi lahan di sepanjang DAS.

Dampak positif dari program ini diperolehnya penghasilan sebesar Rp200 juta per tahun dari produksi perkebunan kopi dan penghasilan pupuk organik yang mencapai Rp96 juta per tahun.

Desa Wisata (Deswita) Pandansari yang terletak di Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Desa yang awalnya hanya menawarkan obyek wisata pemandangan alam, saat ini berkembang menjadi kegiatan menanam padi, memanen ikan, rafting, outbound, camping ground, dan wahana tubing trip.

Dengan dikembangkannya obyek wisata ini, pengunjung meningkat sebanyak 1.700-an pengunjung per bulan yang jika dinominalkan penghasilannya mencapai Rp80 juta. Dalam hal ini, aksi PLN Peduli yakni memberdayakan masyarakat sekitar dengan memberikan perlengkapan perahu karet, mesin penggilingan untuk makanan khas daerah, merenovasi rumah penduduk yang dijadikan homestay dan bantuan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Keberhasilan ini wujud nyata komitmen PLN untuk memberikan manfaat lebih pada masyarakat sekitar. Dalam menjalankan bisnisnya, PLN sebagai perusahaan dituntut untuk memiliki tanggung jawab lebih terhadap sosial maupun lingkungan, lewat kegiatan CSR, bentuk tanggung jawab itu direalisasikan.

"Dalam bisnisnya, PLN tidak hanya mencari keuntungan saja. Hal ini merupakan komitmen manajemen atas sampai ketingkat bawah, karena itu kita menjalankan bisnis ini dengan penuh tanggung jawab terhadap masyarakat serta lingkungan sekitar untuk membangun bisnis secara berkesinambungan," tutur Made.

Ke depannya PLN akan terus melakukan inovasi serta pengembangan program-program CSR yang bermanfaat bagi masyarakat luas. PLN akan berfokus pada sisi pemberdayaan meliputi ekonomi, pendidikan serta sosial. Selain bermanfaat bagi masyarakat CSR pun memiliki peranan yang besar untuk membentuk citra perusahaan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)