HKTI Ingin Petani Indonesia Punya Nilai Tinggi

Jum'at, 26 Januari 2018 - 21:05 WIB
HKTI Ingin Petani Indonesia Punya Nilai Tinggi
HKTI Ingin Petani Indonesia Punya Nilai Tinggi
A A A
JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menginginkan agar petani di Indonesia memiliki nilai tinggi sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam sambutannya di acara CEO Talks yang digelar Bizcom, di Jakarta, Kamis (25/1/2018). Acara tersebut menghadirkan pembicara Chairman Tani Fund Pamitra Eka, CEO Vestifarm Dharma, Director of Fintech Licensing, Supervision and Regulation OJK Hendrikus Passagi dan dimoderatori oleh Kepala Bidang AgroTech ATSINDO Sunil Tolani.

Moeldoko mengatakan, dirinya telah menyampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa jika perlu, petani tidak hanya bisa menjual gabah, melainkan bisa menjual beras secara langsung.

"Dalam diskusi dengan Presiden, saya katakan ingin nilai petani tinggi. Kalau hanya jual gabah enggak tinggi, lalu cari caranya supaya bisa jual beras," paparnya di diskusi yang mengangkat tema "Value Investing in Agriculture Crowdfunding" tersebut.

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu mengatakan, para petani ini juga bisa mendapatkan mitra kerja dari pengusaha agrikultur untuk dapat mengakomodir produk-produk yang dijual.

"Caranya mengelola itu adalah buat strategic partner dengan pengusaha yang punya komitmen. Enggak bisa lagi ke pemda yang kelola," tegasnya.

Tak cukup berhenti sampai di sana, Moeldoko bahkan mengaku ingin memberikan porsi saham perusahaan agrikultur miliknya ke petani yang selama ini menjadi mitra.

"Begini, petani saya ingin berikan sebagian saham saya ke petani. Namun, bukan beri begitu saja, sama-sama untung," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9188 seconds (0.1#10.140)