AS Tolak China Akuisisi Bursa Efek Chicago

Sabtu, 17 Februari 2018 - 12:21 WIB
AS Tolak China Akuisisi Bursa Efek Chicago
AS Tolak China Akuisisi Bursa Efek Chicago
A A A
CHICAGO - Amerika Serikat menolak penggabungan yang diusulkan antara Chicago Stock Exchange dan sebuah kelompok investor yang berhubungan dengan China. Keputusan ini diambil setelah lebih dari dua tahun menjadi perundingan dan perdebatan oleh pejabat terkait.

Seperti dilansir BBC, akuisisi tersebut awalnya disetujui oleh Komite Penanaman Modal Asing di Amerika Serikat, sambil menunggu persetujuan lebih lanjut dari Securities and Exchange Commission (SEC). Namun politisi AS, termasuk Presiden Trump mengatakan bahwa membiarkan perusahaan China berinvestasi di bursa AS adalah ide yang buruk.

Berdasarkan proposal tersebut, led North America Casin Holdings group yang dipimpin China akan membeli CHX Holdings, yang memiliki Chicago Stock Exchange. Bursa, yang hanya menangani 0,5% perdagangan saham AS, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan menyediakan pertukaran dengan "modal vital".

Dana itu akan digunakan "untuk meningkatkan berbagai inisiatif yang dirancang untuk memberi keuntungan bagi kota Chicago, ekonomi AS dan struktur pasar secara keseluruhan". Sementara investasi mendapat suara persetujuan awal oleh staf SEC pada Agustus 2017, komisi tersebut pada akhirnya memutuskan bahwa kesepakatan tersebut tidak memenuhi aturan yang mengatur bursa saham AS.

"Proses review juga menimbulkan pertanyaan tentang apakah struktur kepemilikan yang diusulkan akan memungkinkan komisi tersebut untuk melakukan pengawasan yang cukup terhadap pertukaran" kata SEC sebelumnya.

Keputusan SEC mengikuti beberapa saran dari pejabat AS untuk mencegah perusahaan China melakukan bisnis di AS, atau bermitra dengan perusahaan AS untuk menjual barang mereka di negara tersebut. Pada bulan Januari, raksasa telekomunikasi China Huawei mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat mencapai kesepakatan untuk menjual smartphone barunya melalui perusahaan penerbangan AS, yang secara luas dilaporkan sebagai AT & T.

Ditambah pada awal tahun ini,rRegulator Amerika Serikat (AS) menggagalkan proses akuisisi anak usaha Alibaba yakni Ant Financial yang akan membeli perusahaan penyedia layanan transfer uang MoneyGram International Inc. Hal ini menjadi penolakan terbesar perusahaan asal China oleh Washington sejak Donald Trump menguasai Gedung Putih.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6813 seconds (0.1#10.140)