Termasuk Industri Berisiko Tinggi, Pertamina EP Perkuat Aspek K3

Rabu, 21 Februari 2018 - 14:25 WIB
Termasuk Industri Berisiko Tinggi, Pertamina EP Perkuat Aspek K3
Termasuk Industri Berisiko Tinggi, Pertamina EP Perkuat Aspek K3
A A A
JAKARTA - PT Pertamina EP menegaskan komitmen perusahaan dalam mengedepankan aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan dalam aktivitas operasi dan produksinya.

Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf menegaskan, kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan bukan hanya slogan, namun harus ditanamkan pada setiap orang yang terlibat dalam kegiatan usaha migas sehingga dapat tumbuh menjadi budaya. Terlebih, industri hulu migas adalah industri yang berisiko tinggi, baik dari sisi investasi maupun operasional.

"Karena itu, penerapan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) sudah menjadi kewajiban melekat yang harus dipenuhi oleh industri hulu migas agar selalu berkelanjutan," katanya di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Menurut dia, komitmen pada aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan dalam kegiatan operasi produksi dibuktikan PEP dengan sejumlah penghargaan yang diraih. Sepanjang 2017, PEP menyabet penghargaan antara lain dua Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Emas yang diraih Field Rantau dan Field Tarakan serta 12 PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pertamina EP juga meraih Penghargan Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha atas capaian Jam Kerja Selamat dari Kementerian ESDM dan dua Penghargaan Subroto dalam bidang Keselamatan Minyak dan Gas Bumi dengan Kriteria jam Kerja Aman, serta Bidang Inovasi Energi dari Kementerian ESDM.

Di luar itu, perusahaan juga memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Pengamanan Peringkat GOLD yang diterima oleh delapan Field di Pertamina EP serta ISRS7 Level 7 Field Rantau yang diaudit oleh DNV GL.

"Total Recordable Insident Rate di Pertamina EP mencapai 0,16 merupakan hasil terbaik dalam sejarah PEP sekaligus tergolong pencapaian terbaik di KKKS di bawah SKK Migas," paparnya.

Untuk meningkatkan pemahaman aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan, PEP menggelar acara Peringatan Bulan K3 Nasional 2018 di Jakarta, awal pekan ini. Berbagai kegiatan seputar keselamatan kerja digelar.

Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) sekaligus Komisaris Utama Pertamina EP Syamsu Alam mengapresiasi peringatan bulan K3 Nasional yang diadakan PEP. "Saya mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, saya menyimpulkan bahwa kegiatan ini mengajak kita semua para pekerja agar lebih memahami lebih dalam lagi mengenai aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan," tuturnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6140 seconds (0.1#10.140)