Listriki Gili Gede, PLN Berharap Ekonomi Masyarakat Terangkat

Kamis, 22 Februari 2018 - 15:30 WIB
Listriki Gili Gede, PLN Berharap Ekonomi Masyarakat Terangkat
Listriki Gili Gede, PLN Berharap Ekonomi Masyarakat Terangkat
A A A
JAKARTA - PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat tengah membangun infrastruktur kelistrikan untuk mengalirkan listrik ke salah satu pulau dengan potensi pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Gili Gede.

Berlokasi di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, listrik di Gili Gede akan disambungkan dengan sistem kelistrikan Lombok, di mana PLN akan membangun kabel laut 20 kiloVolt (kV) sepanjang 2x2,4 kilometer (km).

Sulitnya medan dan terbatasnya alat transportasi membuat PLN harus bekerja lebih keras untuk melistriki rumah 450 kepala keluarga yang berada di pulau tersebut.

General Manager PLN Wilayah NTB Mukhtar mengungkapkan bahwa tantangan paling besar yang dihadapi saat melistriki wilayah-wilayah terpencil adalah medan yang sulit dan alat transportasi yang terbatas.

Untuk melistriki Gili Gede misalnya, pengangkutan peralatan kelistrikan dengan cara-cara tradisional, yaitu menggunakan tongkang sederhana yang ditarik oleh sebuah kapal kayu. Untuk menaikkan seluruh peralatan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dilakukan secara manual, dengan digotong atau menggunakan gerobak.

"Hal ini membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan peralatan ke kapal lebih sulit, bahkan terkadang kami harus menunda pengangkutan sampai cuacanya membaik," papar Mukhtar melalui siaran pers, Kamis (22/2/2018).

Begitu juga saat tiba di Gili Gede seluruh peralatan diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan menggunakan gerobak, bahkan terkadang harus digotong oleh beberapa petugas. Pasalnya, selain akses jalan yang kecil, di Gili Gede pun tidak terdapat mobil.

Gili Gede merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki homestay bagi wisatawan. Saat ini, penduduk Gili Gede menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

"Karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat Gili Gede," tuturnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9303 seconds (0.1#10.140)