Iriana Jokowi Mendadak Ikutan Lelang Koleksi Pribadi

Rabu, 28 Februari 2018 - 12:48 WIB
Iriana Jokowi Mendadak Ikutan Lelang Koleksi Pribadi
Iriana Jokowi Mendadak Ikutan Lelang Koleksi Pribadi
A A A
JAKARTA - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyerahkan barang koleksi pribadinya untuk dilelang dalam acara 101 Tahun Lelang Indonesia yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

(Baca Juga: Koleksi Pribadi Pejabat RI Dilelang, Ada Barang Siapa Saja?)

Padahal, sebelumnya ibu negara tidak termasuk dalam daftar peserta lelang yang ada dalam katalog Lelang Sukarela Koleksi Pribadi Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Kabinet Kerja, dan Pejabat Lainnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Iriana Jokowi secara mendadak menyerahkan barang pribadi miliknya untuk dilelang kemarin sore. Karena penyampaian barang lelang sudah tutup, akhirnya koleksi pribadi ibu negara akan dilelang secara khusus.

"Ibu Iriana mendadak kemarin sore menyampaikan barang pribadi beliau. Tapi karena waktunya jam 6 sore, kami enggak lakukan di barang pribadi. Nanti akan dilakukan secara khusus," katanya di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Sayangnya, mantan Menko bidang Perekonomian ini tidak menyebutkan secara spesifik barang pribadi Iriana yang dilelang. Nantinya, barang tersebut akan dilelang usai acara Lelang Sukarela Koleksi Pribadi Pejabat Negara ini selesai.

"Kami enggak sebutkan karena belum masuk prosedur lelang seperti yang sudah kami umumkan. Ini partisipasi dari pimpinan negara yang ingin ikut," imbuh dia.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata mengemukakan bahwa kemarin sore secara mengejutkan utusan ibu negara mendatanginya untuk menyerahkan koleksi pribadi milik Iriana Jokowi untuk dilelang.

Menurutnya, hal ini merupakan sebuah kehormatan untuk DJKN Kementerian Keuangan karena ibu negara bisa turut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kemarin sore secara kejutan kami mendapat kehormatan. Karena utusan ibu negara, Ibu Iriana datang untuk menyerahkan sejumlah koleksi pribadinya untuk ikut dijual pada hari ini. Rencananya kami akan lakukan lelang instan," tuturnya.

Adapun pejabat negara yang turut serta dalam lelang tersebut adalah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain koleksi pribadi milik Wapres dan beberapa menteri, ada juga koleksi pribadi milik para pejabat eselon I Kementerian Keuangan yakni Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Perbendahadaan Negara Marwanto Harjowiryono.

Kemudian, Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh W, dan Dirjen PPR Luky Alfirman. Terdapat juga koleksi pribadi Direktur Lelang Lukman Effendi, Dirut PT BNI (Persero) Achmad Baiquni, dan Dirut PT BRI (Persero) Suprajarto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4139 seconds (0.1#10.140)