Penumpang Melonjak, KAI Tambah 4 KA Argo Parahyangan Baru

Kamis, 01 Maret 2018 - 19:30 WIB
Penumpang Melonjak, KAI Tambah 4 KA Argo Parahyangan Baru
Penumpang Melonjak, KAI Tambah 4 KA Argo Parahyangan Baru
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah empat perjalanan KA Argo Parahyangan rute Bandung-Jakarta menggunakan kereta baru. Penambahan dilakukan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang yang cukup tinggi.

Direktur Keselamatan dan Kemanan merangkap Direktur Komersial PT KAI (Persero) Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan, melihat lonjakan penumpang KA Bandung-Jakarta maupun sebaliknya, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan penambahan perjalanan KA Argo Parahyangan. KA baru mulai beroperasi pada Selasa tanggal 27 Februari 2018.

"KA baru memiliki kapasitas penumpang sebanyak 400 tempat duduk per rangkaian (trainset), yang terdiri dari delapan kereta eksekutif, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit," kata Apriyono Wedi Chresnanto di Stasiun Bandung, Kamis (1/3/2018).

Keempat KA tersebut, lanjut dia, akan menambah jadwal keberangkatan KA relasi Jakarta-Bandung pulang pergi (PP) menjadi 22 kali perjalanan. Sebelumnya, Argo Parahyangan rata-rata melayani 18 perjalanan sehari di weekday (Selasa-Kamis) menjadi 22 perjalanan, dan 24 perjalanan PP sehari pada akhir pekan (Jumat-Senin) menjadi 28 perjalanan.

"Kami berharap dengan adanya penambahan jadwal ini, volume rata-rata penumpang KA Argo Parahyangan per hari naik sebesar 15,3% dari yang semula 10.432 orang menjadi 12.032 orang," jelas dia.

Rangkaian yang digunakan untuk KA Argo Parahyangan merupakan armada baru dengan bodi stainless steel yang lebih tahan karat dan cat stripping yang minimalis. Berbeda dengan bahan yang selama ini dipakai KAI, yakni mild steel.

Selain tampilan luar yang tampak berbeda, di bagian interior pun KAI menyematkan berbagai fasilitas, salah satunya toilet di masing-masing kereta/gerbong sebanyak dua buah yang terletak bersebelahan. Di KA Argo Parahyangan baru ini, semua toilet adalah toilet duduk.

Para pengguna kereta pun makin dimanjakan dengan sandaran kaki yang lebih fleksibel, lampu tidur dan baca, meja mini yang bisa dilipat di sandaran tangan, serta bagasi kabin yang ada pembatasnya untuk tiap-tiap penumpang.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5890 seconds (0.1#10.140)