Bukopin Berencana Buat Program Student Loan

Sabtu, 24 Maret 2018 - 04:00 WIB
Bukopin Berencana Buat Program Student Loan
Bukopin Berencana Buat Program Student Loan
A A A
JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menyambut positif ide pembentukan program kredit pendidikan atau yang dikenal sebagai student loan yang dilontarkan Presiden Joko Widodo baru-baru ini.

Direktur Bank Bukopin, Rivan Achmad Purwantono, mengatakan program student loan memang menjadi perencanaan perseroan untuk tahun depan. Pasalnya, Bukopin memang memiliki buku tabungan untuk nasabah pelajar.

"Ya kita mau. Sebetulnya kita enggak ekstrem stundent loan tapi baru berencana saja dan kita punya buku tabungan perencanaan. Dan itu sudah kita buat dan itu memang kerja sama dengan instasi atau perguruan tinggi. Mungkin kita performnya bagus," Rivan Achmad di Jakarta, Jumat (24/3/2018).

Nantinya , student loan ini akan diterapkan pada semester tahun ini. Dan ini memang sudah bekerja sama dengan beberapa instasi dan perguruan tinggi di Jakarta.

"Semester tahun ini. Dan tahun depan. Ini bukan sebuah pinjaman. Dan sebuah profesi kita biayai. Adanya pembiayaan untuk profesi dan kejuruan. Itu student juga dia jadi dokter tanpa mendapatkan sertifikasi. Kemudian kita kerja sama dengan FKUI," tukasnya.

Sebelumnya, di hadapan para bankir nasional, Presiden Joko Widodo meminta perbankan mengeluarkan produk finansial baru berupa kredit pendidikan atau student loan. Dengan begitu, kredit yang diberikan ke masyarakat tidak melulu untuk hal yang bersifat konsumtif.

Presiden bahkan mengaku heran perbankan Indonesia tak memiliki produk kredit pendidikan tersebut. Padahal, kata dia, nilai nominal pembiayaan kredit pendidikan di Amerika Serikat (AS) bahkan melampaui total nilai pinjaman dari kartu kredit.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4575 seconds (0.1#10.140)