Dongkrak Produktivitas Ekspor, Menhub Fokus Dwelling Time

Selasa, 03 April 2018 - 13:10 WIB
Dongkrak Produktivitas Ekspor, Menhub Fokus Dwelling Time
Dongkrak Produktivitas Ekspor, Menhub Fokus Dwelling Time
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pemerintah akan gencar menata pelabuhan, khususnya terkait waktu bongkar muat atau dwelling time untuk mendorong produktivitas ekspor. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni jika ingin perekonomian Indonesia tumbuh, maka yang harus ditingkatkan yakni ekspor dan investasi.

"Bapak Presiden selalu katakan pertumbuhan ekonomi dari ekspor dan investasi dan kalau kita bicara produktivitas di pelabuhan, murahnya satu pelabuhan jadi satu hal yang dibutuhkan untuk ekspor," ujarnya di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Lebih lanjut Menhub Budi Karya memandang, kementeriannya masih fokus terhadap waktu bongkar muat di pelabuhan tidak melebihi tiga hari. Meski ada beberapa negara yang tidak berbanding lurus antara efisiensi dengan dwelling time tersebut.

"Saya cari jalan keluar, dibahas apa dwelling time berbanding lurus dengan efisiensi satu pelabuhan karena ada contoh di negara lain tak berbanding lurus. Saya lebih suka membahas dwelling time dipertahankan satu waktu tertentu, tiga hari dan apa masalahnya," terang dia.

Menurutnya, saat ini masih ada barang yang terlalu lama tinggal di pelabuhan lebih dari tiga hari dengan alasan yang belum bisa ditentukan. "Hari Kamis ini, saya kesana. Banyak tempat yang dipakai agar dwelling time dipangkas," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)