Pelindo II Canangkan Pembangunan Terminal Kijing

Rabu, 11 April 2018 - 13:43 WIB
Pelindo II Canangkan Pembangunan Terminal Kijing
Pelindo II Canangkan Pembangunan Terminal Kijing
A A A
MEMPAWAH - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mencanangkan pembangunan Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak, yang berlokasi di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, sebagai salah satu proyek strategis nasional, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Kalimantan.

"Keberadaan terminal ini akan memperkuat konektivitas antarpulau, sekaligus mendekatkan cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia," kata Elvyn saat menghadiri pencanangan pembangunan Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (11/4/2018).

Pembangunan terminal ini merupakan pengembangan dari Pelabuhan Pontianak sebagai solusi atas keterbatasan lahan serta tingginya tingkat sedimentasi sungai yang menyebabkan kapal besar sulit bersandar.

Untuk kapasitas terminal peti kemas diproyeksi mencapai 1 juta TEUs, sedangkan untuk curah cair dan curah kering masing-masing 8,3 juta ton dan 15 juta ton, serta untuk kapasitas terminal multipurpose, pada tahap pertama diproyeksikan mencapai 500 ribu ton per tahun.

"Dengan adanya Terminal Kijing yang mempunyai draft 15 mLws kapal-kapal besar dapat bersandar dan melakukan kegiatan bongkar muat untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam Kalimantan khususnya Kalimantan Barat," jelasnya.

Terminal ini nantinya akan dikembangkan dengan konsep digital port yang dilengkapi dengan peralatan bongkar muat modern sehingga sejalan dengan visi perseroan untuk menjadi pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan.

"Pembangunan tahap I Terminal Kijing ditargetkan akan selesai dan bisa mulai beroperasi pada tahun 2019 dengan kapasitas awal 500.000 TEUS," tutupnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4735 seconds (0.1#10.140)