Soal IA-CEPA, Enggar Terus Lakukan Negosiasi dengan Australia

Sabtu, 14 April 2018 - 21:07 WIB
Soal IA-CEPA, Enggar Terus Lakukan Negosiasi dengan Australia
Soal IA-CEPA, Enggar Terus Lakukan Negosiasi dengan Australia
A A A
BATAM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Australia masih melakukan negoisasi untuk menyelesaikan perundingan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Perundingan ini terus dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya akan secara rutin bertemu dengan Australia dalam pembahasan IA-CEPA. Hal ini dilakukan agar kesepakatan yang dilakukan sesuai dengan target yang ditentukan.

"Bulan April ini, kedua tim negosiasi akan melakukan pertemuan untuk menyelesaikan berbagai hal yang masih pending," ujarnya di Batam, Sabtu (14/4/2018).

Dan kemudian satu pertemuan lagi sebelum Agustus. Di bulan Agustus, Enggar mengharapkan ada final text dalam kesepakatan IA-CEPA. Sehingga kelak pada Oktober atau November bisa disepakati oleh kedua kepala pemerintahan untuk menandatangani kesepakatan IA-CEPA.

Saat ini, jelas Enggar, perundingan IA-CEPA sudah mencapai 90%. "Yang 10% soal beberapa prinsip," terangnya. Jika tidak bisa diselesaikan pada April ini, kata Enggar, pihaknya akan mengundang Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Steven Ciobo ke Jakarta untuk membahasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3368 seconds (0.1#10.140)