BPJS Kesehatan-Jaringan Ritel SAHARA Jalin Kerja Sama

Rabu, 18 April 2018 - 18:10 WIB
BPJS Kesehatan-Jaringan Ritel SAHARA Jalin Kerja Sama
BPJS Kesehatan-Jaringan Ritel SAHARA Jalin Kerja Sama
A A A
JAKARTA - BPJS Kesehatan bekerja sama dengan jaringan retail sembako di bawah bendera Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA). Penandatanganan memorandum of understanding (MOU) BPJS Kesehatan dan SAHARA dilakukan di Kantor Pusat BPJS Kesehatan di Cempaka Putih Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi tiga hal, yaitu pemasaran bersama dalam rangka upaya perluasan peserta JKN-KIS, pemanfaatan jaringan milik SAHARA sebagai kanal pembayaran iuran JKN-KIS, dan program promo serta edukasi kepada masyarakat peserta JKN-KIS yang juga sebagai peserta UKM dan koperasi.

Menurut CEO SAHARA Ir Sharmila Msi, kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Di pihak BPJS Kesehatan akan mendapatkan keuntungan, yaitu semakin banyak channel untuk memperluas kepesertaan dan semakin mudah pula cara pembayarannya.

“Sementara bagi SAHARA semakin luas jaringan pemasaran untuk menarik konsumen warung-warung binaannya,” kata Sharmila di Kantor Pusat BPJS Kesehatan di Cempaka Putih Jakarta Pusat, Rabu (18/4).

Lebih lanjut Ia menerangkan, kerja sama ini memang sangat menguntungkan kedua belah pihak. “Bagi SAHARA sendiri, dampak positif dengan adanya kerja sama ini adalah, jaringan konsumen kami akan bertambah luas dan para pelaku jaringan ritel sembako akan bisa lebih aktif lagi mencari konsumen,” sambungnya.

Pengusaha yang juga Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) ini menambahkan, dengan adanya dukungan dari bank-bank pemerintah terhadap kerja sama tersebut maka akan semakin memperluas peluang untuk meraup sebanyak mungkin peserta baru bagi JKN-KIS.

"Warga yang selama ini tidak tersentuh pelayanan akan mendapat akses yang lebih mudah. Pendek kata, kerja sama ini sifatnya win-win solution,” terang Sharmila.

Dirinya mengaku merasa lega karena di samping dapat memberdayakan warung-warung kecil binaannya, kerja sama ini juga dapat membantu program jaminan sosial pemerintah, khususnya Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang jadi program unggulan Presiden Jokowi.

Sedangkan, Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Ilham Santoso menekankan, pentingnya kerja sama ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Sebab lokasi pembayaran iuran peserta ada di lingkungan rumah mereka, tidak perlu jauh-jauh mencari kantor pelayanan. Apalagi peserta dapat benefit berupa diskon dengan berbelanja di warung jaringan SAHARA,” kata kemal.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6017 seconds (0.1#10.140)