Kemenhub Atur Skema Arus Mudik Lebaran

Selasa, 08 Mei 2018 - 06:10 WIB
Kemenhub Atur Skema Arus Mudik Lebaran
Kemenhub Atur Skema Arus Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengatur skema mengenai arus mudik lebaran bagi penggunaan jalur darat. Skema ini dibuat untuk memgurangi kepadatan lalu lintas kendaraan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengarahkan jalur pemudik ke beberapa ruas tol yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Ruas tol ini nantinya bakal mengurangi kepadatan jalan.

"Jujur hal yang harus dilakukan elaborasi secara detail adalah darat. Dan itu juga ada 3 titik yaitu menuju Cipali ke Semarang, sekitar Garut dan Merak. Tapi secara khusus lagi, kita memang ingin mengatur dari Jakarta menuju kesana agar tidak terjadi kemacetan," ujar Budi Karya Sumadi di Jakarta.

Lanjutnya Dia mengatakan bahwa akan meningkatkan prasarana kelayakan arus tol yang bakal dibuatnya. Dalam hal ini, pihaknya memberikan jalur darat lainnya jika terjadi kepadatan pada jalan tol. "Hal yang pertama kali kita siapkan tentunya prasarananya. Kami meng-endorse mudik tidak hanya pakai jalan tol, tapi juga menggunakan jalan darat," katanya.

Sementara itu, Menhub juga menyarankan agar menggunakan Jasa transportasi udara yang telah ditambahkan mengenai jadwal dan keberangkatan dalam menghadapi musim lebaran. "Secara umum, mudik itu penting. Kita menggarap tidak hanya darat. Udara sebenarnya punya peran yang bisa menampung jumlah pemudik yang banyak," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5561 seconds (0.1#10.140)