Puluhan Ribu Pekerja Migran Belajar Wirausaha

Senin, 14 Mei 2018 - 00:29 WIB
Puluhan Ribu Pekerja Migran Belajar Wirausaha
Puluhan Ribu Pekerja Migran Belajar Wirausaha
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11 ribu Pekerja Migran Indonesia mengikuti program Mandiri Sahabatku yang digelar sejak 2011. Program yang bertujuan mendidik buruh migran untuk berwirausaha ini diadakan di Hong Kong, Malaysia dan Korea Selatan.

Sebelumnya pada 2017, program ini juga digelar di Jepang. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan bahwa, program ini positif karena dapat mengoptimalkan peran BUMN dalam membantu Pekerja Migran Indonesia, untuk memiliki usaha sendiri.

"Kegiatan ini dapat membantu pekerja migran kita untuk kembali ke Tanah Air dan memiliki usaha sehingga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga dan membantu membangun ekonomi Indonesia," kata Rini dalam keterangan resmi di Jakarta.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, melalui program ini, Mandiri ingin memberikan bekal keterampilan kepada Pekerja Migran Indonesia untuk membuka usaha saat kembali ke Tanah Air.

“Kami tidak memungut biaya bagi pekerja migran yang ingin mengikuti Mandiri Sahabatku. Pada program yang berlangsung saat ini, sebanyak 1.000 pekerja migran Indonesia di Hong Kong ikut menjadi peserta,” kata Kartika.

Dia menuturkan, jumlah Pekerja Migran Indonesia diperkirakan mencapai 9 Juta jiwa yang sebagian besar berada di Malaysia, Timur Tengah, Taiwan dan Hong Kong. Di Hong kong sendiri, tercatat ada 180 Ribu pekerja migran.

Untuk mengembangkan kapasitas dan meningkatkan ekonomi pekerja migran, Mandiri sebagai salah satu BUMN yang memiliki spirit memakmurkan negeri serta fungsi sebagai agent of development, memiliki komitmen untuk berkontribusi nyata lewat program Mandiri Sahabatku.

Program pelatihan kewirausahaan Mandiri Sahabatku ini merupakan program yang berkesinambungan mulai dari sebelum penempatan, masa penempatan dan pasca penempatan. Untuk melengkapi program, kata dia, terdapat juga pelatihan bertajuk coding mum yang bekerjasama dengan BEKRAF dan program magang Bapak-ibu asuh dari kalangan pengusaha sukses, termasuk alumni Wirausaha Muda Mandiri.

Selain itu, Bank Mandiri, juga mengenalkan program Mandiri Sahabatku Sehati. Program ini merupakan lanjutan untuk melengkapi ekosistem kewirausahaan pada Mandiri Sahabatku dan bertujuan untuk merangkul lebih banyak lagi pekerja migran.

Mandiri Sahabatku Sehati berisi mentoring dalam peningkatan kualitas produk dan usaha, persiapan pemasaran digital dan akses pembiayaan melalui program KUR TKI Purna. Pada tahap awal, Mandiri Sahabatku Sehati sudah berjalan di 2 kota, yaitu Semarang dan Ponorogro dengan mengoptimalkan fungsi rumah kreatif BUMN.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5161 seconds (0.1#10.140)