Kemenkop dan UKM Selenggarakan Pasar Sembako Murah

Selasa, 29 Mei 2018 - 04:02 WIB
Kemenkop dan UKM Selenggarakan Pasar Sembako Murah
Kemenkop dan UKM Selenggarakan Pasar Sembako Murah
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga membuka pasar sembako murah di halaman depan Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Kemenkop dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) menyelenggarakan pasar sembako murah untuk membantu masyarakat yang memiliki penghasilan rendah di dalam persiapan menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H. Pasar Sembako Murah digelar bersamaan dengan kegiatan Smesco Bazaar Ramadhan.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran I Wayan Dipta dalam sambutannya di acara tersebut mengatakan, setiap menjelang Lebaran, tren permintaan barang kebutuhan pokok lazimnya meningkat tajam. Kebutuhan akan busana, sembako sampai dengan bahan dasar pembuat kue-kue serta produk ritel lainnya meningkat di kisaran 20-30 %.

Untuk memenuhi kenaikan permintaan tersebut, menurut Emilia tidak cukup hanya mengandalkan ketersediaan stok pasar, tapi juga harus didukung oleh pendistribusian yang tepat sasaran. Oleh karena itu, salah satu upaya dari LLP-KUKM adalah dengan menyelenggarakan Smesco Bazaar Ramadhan.

"Kegiatan Bazaar ini didukung oleh berbagai pabrikan dan produsen sembako dan kebutuhan rumah tangga bagi masyarakat pra-sejahtera, karyawan/karyawati dan pegawai tenant LLP-KUKM, untuk kebutuhan lebaran nanti," kata Emilia di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian serta wujud partisipasi Kemenkop UKM khususnya peran aktif LLP-KUKM/Smesco Indonesia dalam memfasilitasi UKM dan peserta bazaar dalam bentuk stan gratis untuk berpromosi dan memasarkan produknya.

"Kemenkop UKM mendukung sepenuhnya kegiatan Smesco Bazar Ramadhan 2018 sebagai bagian dari upaya pemberdayaan KUKM terutama yang bergerak di bidang fashion muslim dan kebutuhan ritel Lebaran lainnya," katanya.

Sebanyak 60 stan tersedia, berasal dari pelaku UKM, dan usaha pabrikan. Di dalam pasar sembako murah, disediakan sejumlah kebutuhan semisal daging, beras, telur, minyak goreng, terigu, aneka biskuit dan kue kering, sirup, aneka minuman ringan, bumbu instan, cabai, bawang, sayur mayur, serta buah-buahan.

Bazaar hari ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 26 Mei 2018 yaitu dimulai dari "Fashion Bazaar Ramadhan", lalu Smesco Bazaar Ramadhan dan berakhir dengan "Festival Betawi" pada tanggal 31 Mei 2018.

Seusai membuka Smesco Bazaar Ramadhan, Menkop dan UKM Puspayoga memberikan santunan kepada anak yatim dan meninjau stan bazaar, dilanjutkan dengan menghadiri talkshow Fashion Bazaar Ramadhan oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) di lantai 3 Gedung Smesco Indonesia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)