Pelabuhan Kijing Bakal Bernama Pelabuhan Tanjung Pura

Sabtu, 09 Juni 2018 - 05:14 WIB
Pelabuhan Kijing Bakal Bernama Pelabuhan Tanjung Pura
Pelabuhan Kijing Bakal Bernama Pelabuhan Tanjung Pura
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Elvyn G. Masassya mengatakan, perusahaan berencana mengubah nama Pelabuhan Kijing menjadi Port of Tanjung Pura alias Pelabuhan Tanjung Pura.

"Kita mengusulkan namanya sebagai Port of Tanjung Pura. Karena di sana sebagian besar menggunakan nama Tanjung Pura," kata Elvyn di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Kendati demikian, keseluruhan proses administrasi tetap menggunakan nama pelabuhan Kijing. Nantinya, pengembangan pelabuhan Kijing membutuhkan dana sebesar Rp5,04 miliar yang dikerjakan oleh Pelindo II. Direncanakan pelabuhan dapat beroperasional pada 2020 mendatang.

Pelabuhan Kijing yang berada di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat ini, akan dikembangkan hingga memiliki kapasitas sebesar 32 hektare. Pengembangan ini akan dikerjakan dalam dua tahap.

Untuk tahap pertama, PT Pelindo II akan membangun empat terminal, yakni terminal multiguna, terminal curah cair, terminal peti kemas, dan termina curah kering. Kapasitas terminal peti kemas diproyeksi mencapai 1 juta TEUs. Sedangkan untuk curah CPO dan curah kering masing-masing 8 juta ton dan 15 juta ton.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3971 seconds (0.1#10.140)