RI Destinasi Wisata Layar Terbesar

Selasa, 26 Juni 2018 - 11:50 WIB
RI Destinasi Wisata Layar Terbesar
RI Destinasi Wisata Layar Terbesar
A A A
JAKARTA - Sebanyak 120 kapal layar (yacht) dari 15 negara akan berlayar melintasi 53 destinasi di Nusantara dalam ajang reli kapal layar internasional terbesar bertajuk “Wonderful Sail To Indonesia 2018”.

Ajang yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan John Martin, yacht rally organizer dari Selandia Baru, itu akan berlangsung selama lima bulan terhitung mulai Juni hingga November 2018.Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Indroyono Soesilo menyebut event ini akan menjadi branding wisata layar bergengsi bagi Indonesia di tingkat dunia.
“Indonesia telah memiliki brand ing wisata layar yang prestisius, yaitu Wonderful Sail to Indonesia yang terdiri atas lima reli layar dunia, yakni Wonderful Sail Anambas to Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back to Down Under Rally, Wonderful Sail 2 Indonesia, dan Wonderful Sail Indonesia,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta kemarin.

Dengan perairan yang luas dan masuk ke dalam sirkum navigasi dunia, selama ini Indonesia hanya menjadi jalur lintasan kapal-kapal dan belum menjadi destinasi.Menurut Indroyono, penyelenggaraan event Wonderful Sail to Indonesia 2018 sangat stra tegis untuk mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia yang tidak hanya sebagai lintasan kapal-kapal, juga menjadi destinasi wisata layar terbesar didunia, salah satunya melalui kapal-kapal layar internasional.
“Apalagi kita juga telah melakukan deregulasi untuk perizinan masuknya kunjungan kapal wisata yacht asing ke Indonesia menjadi lebih singkat, mudah, dan bisa online,” tuturnya.

Indroyono menjelaskan, Wonderful Sail to Indonesia 2018 merupakan wisata layar prestisius karena reli layar ini memakan waktu terlama, yakni berlangsung lima bulan yang melintasi sepanjang 7.000 km perairan Nusantara.

Reli layar ini juga terbesar karena diikuti 120 kapal layar dari 15 negara dengan menyinggahi 53 destinasi di wilayah perairan Indonesia. Anggota Bidang II Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Raymond menjelaskan, reli layar Wonderful Sail 2 Indonesia (WS2I 2018) akan berlangsung dari Juli hing ga November 2018, start dari Selandia Baru dan akan masuk ke Indonesia pada 25 Juli melalui entry port Debut di Kabupaten Maluku Tenggara. (Inda Susanti)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3017 seconds (0.1#10.140)