Harga Pangan Stabil, Inflasi Jabar Periode Juni di Bawah Nasional

Senin, 02 Juli 2018 - 14:57 WIB
Harga Pangan Stabil, Inflasi Jabar Periode Juni di Bawah Nasional
Harga Pangan Stabil, Inflasi Jabar Periode Juni di Bawah Nasional
A A A
BANDUNG - Inflasi di Jawa Barat (Jabar) pada Juni 2018 cenderung stabil sebesar 0,47%. Rendahnya inflasi Jabar bahkan tercatat di bawah nasional sebesar 0,59%. Berbeda dengan tahun sebelumnya, inflasi di Jabar lebih banyak didorong sektor transportasi yaitu 0,17%. Transportasi jauh lebih tinggi dibanding kelompok bahan makanan yang hanya 0,15%.

“Saya kira ini hasil koordinasi semua pihak, sehingga semua komponen cenderung stabil. Makanan juga tidak terlalu mendorong inflasi,” kata Kepala BPS Jabar Doddy Herlando di Kantor BPS Jabar, Jalan PH Mustopa, Kota Bandung, Senin (2/7/2018).

Inflasi pedesaan Juni juga mendorong total inflasi Jabar pada Juni 2018. Di mana inflasi pedesaan mencapai 0,57%. Angka itu lebih tinggi dari inflasi perkotaan. Kontribusi terbesar inflasi pedesaan dari sandang karena pembelian pakaian di desa sangat tinggi.

Hingga kini BPS mencatat, inflasi Jabar per Januari hingga Juni 2018 telah mencapai 2,21%. Sementara target inflasi Jabar tahun ini 3,5%. “Mungkin sampai akhir tahun bisa 4,5%. Karena masih ada 6 bulan lagi. Sangat ditentukan dari administrasi prize. Karena semua tergantung BBM. Karena bisa menaikkan logistik dan harga. Tapi ada beberapa komponen yang bisa bantu tekan inflasi yaitu kebijakan satu harga dan sawit,” jelas dia.

Walaupun, perlu diwaspadai potensi inflasi akibat BBM. “Kita juga harus antisipasi kenaikkan pertamax, karena kenaikannya cukup signifikan. Ini membayangi harga ke depan. Tapi bersyukur pemerintah menjaga harga BBM jenis premium dan solar,” ungkap dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0578 seconds (0.1#10.140)