Dukung Inklusi Keuangan, Aftech Gelar Fintech Fair 2018

Selasa, 10 Juli 2018 - 16:18 WIB
Dukung Inklusi Keuangan, Aftech Gelar Fintech Fair 2018
Dukung Inklusi Keuangan, Aftech Gelar Fintech Fair 2018
A A A
JAKARTA - Asosiasi FinTech Indonesia (Aftech) menggelar Fintech Fair 2018 di Jakarta 13-15 Juli. Pameran ini akan memberikan pemahaman dan peluang teknologi finansial dalam kehidupan masyarakat.

Direktur Asosiasi Fintech Indonesia Ajisatria Suleiman mengatakan, pihaknya mendorong Indonesia Fintech Fair di Mall Taman Anggrek karena masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang keberadaan, produk hingga manfaat teknologi finansial (tekfin) yang bisa digunakan sehari-hari. "Teknologi finansial atau tekfin telah memberikan peluang yang lebih besar bagi publik dalam mengakses institusi keuangan di Indonesia," katanya di Jakarta.

Ajisatria menjelaskan, tidak hanya ingin mengedukasi mengenai produk tekfin kepada masyarakat namun juga asosiasi akan menghubungkan tekfin mana yang cocok dengan kebutuhan masing-masing pengunjung. Selain itu, katanya, Aftech juga ingin memastikan bahwa penyedia layanan teknologi finansial tersebut menjalankan bisnisnya secara bertanggung jawab.

Penyelenggaraan Indonesia Fintech Fair 2018 ini seiring dengan perkembangan industri yang pesat. Sebagai informasi, saat ini terdapat 135 tekfin terdaftar sebagai anggota Aftech sejak didirikan pada 2015 lalu. Sejumlah hal yang akan menjadi topik pembahasan dalam acara ini juga termasuk aspek perlindungan konsumen dalam industri jasa keuangan Indonesia, yang selama ini terus diupayakan oleh pemerintah dan regulator.

Dia mengatakan, penyelenggaraan Indonesia Fintech Fair 2018 ini sejalan dengan target 75 % orang dewasa Indonesia yang bisa mengakses keuangan (inklusi keuangan). Maka dari itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator di industri keuangan dan Bank Indonesia yang mengawasi transaksi pembayaran juga mendukung terselenggaranya acara ini.

Dalam Indonesia Fintech Fair 2018 akan terdapat diskusi panel dengan 6 tema berbeda yang diisi oleh para pelaku fintech, pejabat pemerintah, regulator, institusi keuangan, dan pelaku digital lainnya serta diramaikan dengan kehadiran 44 booth anggota Aftech. Sejumlah artis akan meramaikan acara hiburan dalam Indonesia Fintech Fair 2018. Selain itu, terdapat banyak hadiah dan dorprize bagi para peserta
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6230 seconds (0.1#10.140)