Tren Karier Masa Kini: Startup vs Korporasi

Sabtu, 21 Juli 2018 - 10:12 WIB
Tren Karier Masa Kini: Startup vs Korporasi
Tren Karier Masa Kini: Startup vs Korporasi
A A A
BEKERJA di mana saja pasti ada plus-minusnya, baik bekerja di perusahaan pemula (startup) atau korporasi besar.

Ini menjadi hal wajib yang perlu diketahui sebelum menemukan tempat kerja yang pas dan sesuai keinginan. Nah , sebelum bergabung atau mulai bekerja di perusahaan rintisan atau korporasi, sebaiknya kalian perhatikan beberapa hal berikut.

BUDAYA KERJA

Startup
Perusahaan startup dikenal karena memiliki jam kerja yang lebih longgar dan tidak mengikat karena terpenting di perusahaan ini adalah mendapatkan goal atau tujuan yang sudah ditarget sebelumnya. Nurlina Hardiyanti, karyawan WeCare.id, pun merasakan kefleksibelan waktu bekerja di kantornya. "Saya bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu ke kantor, dengan syarat target pekerjaan hari itu dapat diselesaikan," ujarnya.

Korporasi
Walaupun dianggap sebagai tempat kerja yang stastis, kaku, dan formal, korporasi mempunyai budaya dan etos kerja tinggi. Selain itu, bekerja di perusahaan yang sudah mapan memiliki aturan kerja yang jelas dan segala sesuatunya terjadwal dengan baik. Secara tidak langsung, kita menjadi terbiasa dengan aturan yang jelas, jadwal jam kantor, dan tertib.

BAJU KERJA

Startup
Ada beberapa perusahaan yang meminta karyawannya menggunakan seragam. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk startup . Mereka diperbolehkan menggunakan pakaian bebas, tetapi sopan. Raka Adi, karyawan Roundbox Communication, membenarkan hal tersebut. "Kerja dengan pakaian sesukanya boleh aja , asal tetap etis," katanya.

Korporasi
Tidak selamanya memakai seragam itu membosankan. Ada keuntungan sendiri saat perusahaan mewajibkan karyawannya berseragam. Salah satunya, kita jadi tidak bingung dan pusing memiliki pakaian kerja setiap harinya. Selain itu, dengan berseragam, secara tidak langsung menanamkan kebanggaan karyawan terhadap perusahaannya.

FASILITAS

Startup
Penggunaan fasilitas yang diberikan masing-masing perusahaan bisa saja berbeda, terutama pada perusahaan startup yang memberikan fasilitas untuk kenyamanan karyawannya. Ruang Guru menyediakan makan siang dan akses WiFi di kantornya. Beda lagi dengan Roundbox Communication yang memberikan kenyamanan untuk karyawannya dengan fasilitas kolam renang, pingpong, dan ruang main game . "Fasilitas hiburan ini sebagai penyemangat kerja karyawan aja sih biar lebih fresh dan tidak malas kerja," tutur Raka.

Korporasi
Bagi kalian yang menganggap jelek perusahaan korporasi, mungkin bisa mengesampingkan hal itu lebih dulu. Sebab, salah satu korporat seperti PT Takata Indonesia yang bergerak di bidang automotif menyediakan fasilitas mobil antar-jemput. Resna Sari Chindy Astina, karyawan perusahaan tersebut, mengatakan bahwa fasilitas tersebut sangat menguntungkan. "Enak sih , jadi nggak bingung lagi cari kendaraan untuk bekerja dan biaya transportasi jadi lebih hemat," ucapnya.

JENJANG KARIER DAN BELAJAR

Startup
Kalian yang bekerja di startup harus bisa berbangga hati karena keuntungan bekerja di startup bisa menjamin hobi atau pekerjaan yang dilakukan akan terus berkembang. Seperti Adinata Prasetyo, desain grafis di Ruang Guru, yang merasa kemampuannya semakin bertambah sejak bergabung di perusahaan pemula ini. "Saya jadi lebih tahu cara memecahkan masalah saat deadline dan bekerja lebih cepat," tandasnya.

Korporasi
Perusahaan mapan biasanya memiliki jenjang karier yang jelas, meski hal tersebut dibayar dengan tantangan yang sulit. Korporasi besar akan terasa manfaatnya bagi kamu yang baru lulus kuliah dan butuh banyak bimbingan di dunia kerja. Di sini fresh graduate akan bertemu profesional yang telah berkutat lama di bidangnya. Dengan memperluas pergaulan dengan senior, sedikit banyak bisa membantu kamu mengenal dan mempelajari profesi yang ingin digeluti.

TUNJANGAN

Startup
Gaji dan tunjangan yang diberikan di perusahaan rintisan biasanya masih sangat minim karena perusahaan masih perlu pengembangan. Jadi, biaya operasional pun harus dihemat. Meski begitu, tidak semua perusahaan rintisan memberikan gaji dan tunjangan yang pas-pasan. Ada juga startup yang memberikan gaji besar dan tunjangan lengkap.

Korporasi
Tunjangan yang disediakan di perusahaan besar sudah punya aturan yang jelas, mulai kesehatan, tunjangan hari raya, tunjangan cuti, komunikasi, transportasi, hingga lembur. Selain itu, jika target perusahaan terpenuhi, karyawan juga mendapat bonus sesuai perhitungan.

NURUL IZZATI
GEN SINDO-Politeknik Negeri Media Kreatif
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5082 seconds (0.1#10.140)