Tingkatkan Produksi Blok Rokan, Pertamina Cari Partner

Rabu, 01 Agustus 2018 - 18:39 WIB
Tingkatkan Produksi...
Tingkatkan Produksi Blok Rokan, Pertamina Cari Partner
A A A
JAKARTA - PT Pertamina mengatakan, Blok Rokan yang akan dioperasikan perseroan pada 2021 tercatat sudah memproduksi 217.000 barel per hari. Karena jumlahnya sudah menurun, perseroan punya dua cara untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, langkah pertama secara konvensional yakni mempelajari data terkait hal teknis di Blok Rokan. Perlu teknologi serta peralatan di beberapa titik eksplorasi. "Sudah kita simulasi tambah area, sehingga kita tambah titik eksplorasi," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Nicke menyampaikan, cara kedua yakni dengan non konvensional melalui partnership sejalan dengan dilakukan penambahan titik eksplorasi untuk menambah kapasitas. Hal itu dilakukan agar ada mitigasi risiko.

"Kalau kita tambah memang intensif, apa akan berpartner? Tujuan ini untuk mitigasi risiko, pertama dari sisi teknologi karena belum pernah kita lakukan, kita cari partnernya," katanya.

Menurutnya, mitigasi risiko tersebut juga untuk meningkatkan produksi hingga lima kali lipat dari hari ini. Sebelum itu, perseroan masih punya waktu mencari partnernya sampai 2020. "Apa bisa kita mitigasi sendiri atau sharing dengan partner yang proven," kata Nicke.

Mitigasi risiko dari segi pendanaan ini, lanjut Nicke, terbuka peluang ke banyak pihak yang berminat. Prosedurnya sendiri sedang disusun karena perseroan selalu BUMN harus menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG). "Peluang partnership kita buka kaitannya dengan mitigasi risiko. Kirim surat ke pemegang saham, kita susun prosedurnya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1909 seconds (0.1#10.140)