Desain Rumah Sesuai Iklim Tropis

Rabu, 19 September 2018 - 15:04 WIB
Desain Rumah Sesuai Iklim Tropis
Desain Rumah Sesuai Iklim Tropis
A A A
SALAM jumpa pembaca budiman, Kali ini saya masih dengan desain yang dirancang teman saya, Ken Ridho, untuk lahan 5 x 15 meter.

Di channel You T ube saya, ada sekitar enam pertanyaan khusus untuk desain lahan 5 x 15 meter, masing-masing dengan kebutuhan berbeda-beda. Desain ini sengaja dirancang agar sesuai dengan iklim tropis dan menyentuh kebutuhankebutuhan tersebut, di mana bagian tengah benar-benar dimanfaatkan sebagai area bangunan untuk “bernapas”.

Konsep terbuka ini dimulai dari bagian depan saat masuk area rumah. Kita akan disuguhi area ruang tamu terbuka dengan kursi-kursi di sekitar area carport. Jadi, saat tamu datang bisa langsung duduk dengan ditemani angin sepoi-sepoi.

Area kolam ikan bisa menjadi area penyejuk yang mendinginkan udara di sekitarnya. Jadi, area ruang makan, area dapur, dan seterusnya terasa ada udara mengalir terus menerus yang dirasa memberi kenyamanan lebih banyak.

Area ruang makan dan dapur sengaja dinaikkan agar terasa efek split level, bisa juga akan lebih memudahkan bila lahan yang ada sudah ada kontur tanahnya. Area lantai 2 dan 2,5 menjadi area untuk kamar tidur. Area menonton televisi juga ada yang menjadikan level rumah terasa dinamis di semua tempat.

Perbedaan ketinggian masing-masing ruang menimbulkan efek berbeda yang unik. Area cuci jemur diletakkan pada bagian paling atas untuk memisahkannya dari ruang-ruang lainnya. Tentunya dengan efek split level akan terasa lebih mudah untuk mencapainya.

Desain muka bangunan atau fasadnya juga terlihat sangat simpel, hanya terdiri dari lubang-lubang dan kisi-kisi penutup untuk tambahan privasi serta pembayangan agar rumah terasa lebih dingin.

Desain fasad ini mencerminkan desain rumah modern yang paling sederhana, tetapi tepat guna. Demikian desain yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat sebagai inspirasi desain rumah.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5329 seconds (0.1#10.140)