Jadi Inspirasi Maritim Nasional, Pelni Raih Penghargaan Akademik dari Polimarin

Jum'at, 28 September 2018 - 00:01 WIB
Jadi Inspirasi Maritim Nasional, Pelni Raih Penghargaan Akademik dari Polimarin
Jadi Inspirasi Maritim Nasional, Pelni Raih Penghargaan Akademik dari Polimarin
A A A
JAKARTA - Sebagai perusahaan pelayaran yang melayani transportasi penumpang, menjadi tugas dan tanggung jawab PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni untuk melayani sebaik mungkin masyarakat yang tinggal di kota pelabuhan besar maupun masyarakat kepulauan terpencil.

Peran besar inilah yang dilihat oleh Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) sehingga memberikan penghargaan akademik kepada PT Pelni (Persero). PT Pelni meraih perhargaan atas jasanya di bidang Perintis dan Pengembang Transportasi Laut.

Penghargaan diserahkan langsung Direktur Polimarin Sri Tutie Rahayu kepada Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing di Kampus Polimarin, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/9/2018). Insan Tobing menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Kampus Polimarin atas kerja dan tugas yang diemban oleh Pelni.

"Penghargaan ini menjadi penyuntik semangat bagi para pelaut kapal Pelni yang dalam menjalanan tugasnya harus meninggalkan anak dan keluarga. Dibalik perjuangan mereka, ada masyarakat yang menggantungkan aktivitas sosial dan ekonominya dari kedatangan kapal Pelni. Saya ucapkan terima kasih kepada Kampus Polimarin atas perhargaan ini, dan semoga kerja sama antara kampus dengan perusahaan dapat saling melengkapi dan membawa manfaat bagi bangsa ini," tutur Insan dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Selain Pelni, instansi lain yang mendapatkan penghargaan serupa adalah TNI Angkatan Laut.

Dari sisi perseorangan, penghargaan juga diberikan kepada Prof. Dr. M. Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2009-2014), Prof. Dr. Djoko Santoso (Mantan Dirjen Dikti 2010-2014), Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang), Cun Ming (Penangkar Hiu Karimunjawa), dan Kapten Kartini (Nahkoda Kapal Niaga Wanita Pertama Indonesia).

Untuk nama yang terakhir disebut, Insan menambahkan, bahwa menjadi tambahan kebanggaan sendiri bagi Pelni karena Kapten Kartini sendiri pernah tercatat sebagai pelaut kapal Pelni.

"Selamat untuk Kapten Kartini, karena bagaimanapun beliau merupakan bagian dari keluarga besar kami yang pernah menakhodai kapal-kapal Pelni," ujarnya.

Pihak Kampus Polimarin sendiri menjelaskan, penganugerahan yang diberikan kepada 7 tokoh dan institusi ini sebagai kepekaan perguruan tinggi dalam memilih tokoh dan institusi untuk menjadi inspirasi nasional di bidang maritim.

Proses pemilihannya dikatakan melalui kajian dan penelitian. Sehingga bisa dipertanggungjawabkan hasil pilihan tersebut kepada masyarakat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)