Sri Mulyani Ingin Buat Instrumen Baru Penanggulangan Bencana

Senin, 01 Oktober 2018 - 11:45 WIB
Sri Mulyani Ingin Buat Instrumen Baru Penanggulangan Bencana
Sri Mulyani Ingin Buat Instrumen Baru Penanggulangan Bencana
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani ingin membuat isntrumen baru dalam menghadapi bencana yang sering terjadi di Indonesia. Salah satunya mengadakan asuransi bagi masyarakat yang terkena korban agar meringankan beban mereka dalam pengobatan maupun fasilitas lainnya.

"Dengan frekuensi bencana yang terjadi di beberapa daerah, kami memikirkan bagaiman mengembangkan suatu instrumen pembuatan bagi daerah. Semacam asuransi," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (1/10/2018).

Dengan instrumen baru ini, sambung dia, bisa segera mencairkan dana ataupun anggaran untuk kebutuhan para korban bencana. Untuk itu, pemerintah akan siap mengkaji isntrumen baru ini.

"Kami mendukung anggaran dan mendukung logistik untuk mengantisipasi bencana. Jadi ada beberapa langkah yang kami pikirkan dan coba lakukan segera. Sehingga setiap daerah memiliki cukup kesiapan dan terutama tanggung jawabnya, bagaimana menciptakan sumber dana dan mekanisme anggarannya," kata Sri Mulyani.

Untuk itu, Sri Mulyani akan berdiskusi dengan beberapa negara dalam memberikan instrumen baru ini. Yaitu dengan membawa ide ini dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia yang akan berlangsung di Bali.

"Saya sudah konsultasi. Nanti dalam IMF-World Bank annual meeting, kita akan kumpulkan para ahli supaya Indonesia bisa menciptakan instrumen baru antar daerah bisa masuk dalam APBN kita, yaitu bagaimana mendukung suatu daerah yang terkena bencana dan bisa segera dilakukan," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6181 seconds (0.1#10.140)