Trade Expo Indonesia Jadi Momentum Kerek Kerjasama Dagang RI-Dubai

Sabtu, 27 Oktober 2018 - 06:13 WIB
Trade Expo Indonesia Jadi Momentum Kerek Kerjasama Dagang RI-Dubai
Trade Expo Indonesia Jadi Momentum Kerek Kerjasama Dagang RI-Dubai
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) tingkatkan kerjasama dagang ke Dubai. Hal ini seiring meluncurnya program “Road to Dubai” (RTD) di ajang pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 guna menyongsong keikutsertaan Indonesia di ajang World Expo 2020 Dubai.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Arlinda mengungkapkan, melalui program RTD akan diseleksi berbagai kerja sama inovatif kelas dunia antara perusahaan, serta pemerintah dan masyarakat, dengan model kemitraan pemerintah-swasta. World Expo 2020 Dubai akan berlangsung pada Oktober 2020 hingga April 2021 yang menampilkan 180 negara peserta, termasuk Indonesia.

“Kesiapan Indonesia untuk World Expo 2020 Dubai akan dikuatkan melalui RTD karena kami berkomitmen mewujudkan transformasi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Berbagai inisiatif berbasis inovasi, teknologi dan sumber daya manusia yang terseleksi dari program RTD akan ditampilkan di Paviliun Indonesia di World Expo 2020 Dubai,” ujar Arlinda di Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Program RTD terbuka dan dapat diikuti seluruh elemen masyarakat maupun organisasi yang sedang merintis, dalam proses mengembangkan, maupun yang telah menerapkan program-program kemitraan berbasis inovasi, teknologi, dan sumber daya masyarakat di berbagai bidang di seluruh Indonesia. Untuk itu, Paviliun RTD hadir di TEI 2018 guna mempromosikan RTD dan menjaring calon sponsor Paviliun Indonesia di World Expo 2020 Dubai.

Paviliun RTD hadir di TEI 2018 seluas 84 m2 di aula 3A-48 ICE BSD dengan sponsor utama Astra International. Chief of Corporate Communications, Social Responsibility and Security PT Astra International Tbk

"Ajang pameran kali ini merupakan rangkaian dari program RTD menuju pelaksanaan World Expo 2020 Dubai. Kami berharap kegiatan ini dapat memacu kinerja ekspor nasional pada tahun ini, sekaligus membuka peluang diversifikasi pasar ekspor,” kata Pongki Pamungkas

Adapun pada persiapan dan pelaksanaan program RTD sampai pada implementasi Paviliun Indonesia di World Expo 2020 Dubai, Kemendag telah menunjuk Samudra Dyan Praga sebagai pihak jasa penyelenggara. Sebagai informasi, World Expo 2020 Dubai mengusung tema ‘Connecting Minds, Creating The Future’.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, Paviliun Indonesia di World Expo 2020 Dubai akan mempromosikan peluang emas berinvestasi, berbisnis, dan berwisata ke Indonesia kepada para pengunjung dari berbagai negara di dunia. Kerja sama bisnis di berbagai bidang akan digenjot, seperti perdagangan, industri, edukasi, perdagangan elektronik, perkebunan, teknologi, telekomunikasi, lingkungan, pariwisata, dan budaya.

Paviliun Indonesia akan berada di lahan seluas 1.860 m2 di Jebel Ali dengan mengusung subtema ‘Opportunity’, yang merupakan satu dari tiga subtema yang ada, yaitu Sustainability, Opportunity, dan Mobility. Adapun pendanaan pembangunan dan penyelenggaraan Paviliun Indonesia selama World Expo 2020 Dubai berlangsung akan didukung oleh sektor swasta melalui skema kemitraan pemerintah-swasta.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5227 seconds (0.1#10.140)