Bekraf Kembangkan Brand Produk Lokal Salatiga

Sabtu, 27 Oktober 2018 - 16:06 WIB
Bekraf Kembangkan Brand Produk Lokal Salatiga
Bekraf Kembangkan Brand Produk Lokal Salatiga
A A A
SALATIGA - Badan Ekonomomi Kreatif (Bekraf) melalui Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif menggelar workshop dengan tema Local Genius Brand Workshop di Salatiga, Sabtu (27/10/2018). Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif melalui pengembangan merek lokal dan komunikasi pemasaran di era digital di Salatiga dan sekitarnya.

Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Bekraf Poppy Savitri mengatakan, workshop ini merupakan salah satu upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif di tingkat lokal sekaligus mendorong kemajuan komunikasi pemasaran di daerah. "Workshop ini diharapkan dapat mendukung branding produk-produk lokal Salatiga untuk memasuki pasar global," katanya.

Menurut dia, Kota Salatiga telah menentukan subsektor kuliner sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan yang masuk menjadi bagian dari dari peta ekosistem kreatif nasional. Subsektor kuliner Kota Salatiga memiliki keuangan dari segi keterkaitan pengolahan rasa dan mengusahakan bahan baku dengan daerah sekitarnya. Dengan demikian akan menumbuhkan jejaring perekonomian dengan daerah lain.

Adapun salah satu kuliner yang menarik dari Kota Salatiga adalah gethuk kethek yang berbahan baku singkong. Kemudian muncul variasi makanan olahan dari singkong lainnya, yakni singkong keju D9. "Ini membuktikan bahwa Salatiga tidak hanya memiliki kuliner khas. Tetapi juga berkembang menjadi industri pengolahan kuliner kreatif," ujarnya.

Lebih jauh Poppy mengatakan, di era industri digital saat ini, tidak cukup hanya dengan memiliki kuliner khas atau kuliner yang kreatif. Namun juga diperlukan penciptaan merek produk kuliner yang terkonsep dan komunikasi pemasaran yang tepat dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Hanya, lanjut dia, pada kenyataannya merek lokal dianggap sulit bersaing dengan merek ternama yang lebih dulu hadir dan dikenal masyarakat luas. "Untuk itu, Bekraf memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Kota Salatiga dan sekitarnya untuk lebih memahami cara mengembangkan merek lokal melalui komunikasi pemasaran yang lebih memahami cara mengembangkan merek lokal melalui komunikasi pemasaran yang lebih efektif dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui media baru ," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8297 seconds (0.1#10.140)