Martha Tilaar Ajak Mahasiswa Zaman Now Lestarikan Kearifan Lokal

Selasa, 13 November 2018 - 19:52 WIB
Martha Tilaar Ajak Mahasiswa Zaman Now Lestarikan Kearifan Lokal
Martha Tilaar Ajak Mahasiswa Zaman Now Lestarikan Kearifan Lokal
A A A
JAKARTA - Martha Tilaar Group mengajak mahasiswa Universitas Pancasila (UP) untuk menjaga kearifan lokal melalui kecantikan. Karena Indonesia memiliki potensi besar kekayaan alam yang bisa dijadikan sumber untuk bidang kesehatan dan kecantikan. Hanya saja saat ini belum banyak yang mau dan peduli akan pelestarian budaya local tersebut.

“Misi kami dengan universitas adalah untuk mencintai Indonesia dengan melestarikan budaya dan kekayaan alam. Indonesia ini kaya tapi kalau bukan kita yang cinta dan mengolahnya lalu siapa lagi,” kata Corporate Creative & Innovation Director Martha Tilaar Group, Kilala Tilaar saat acara Kreatif Boom 2018 di Gedung Serbaguna Universitas Pancasila Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Memasuki era industry 4.0 kata dia generasi milenial ini jangan hanya terfokus pada teknologi saja. Mereka diingatkan untuk tidak selalu berkiblat pada pembahasan seputar aplikasi tetapi ada hal yang juga penting untuk diperhatikan yaitu pengolahan kekayaan alam Indonesia dengan menggunakan teknologi modern.

“Kita telah melakukan penggalian ke daerah untuk mencari tahu kekayaan alam Indonesia yang bisa dijadikan obat dan kecantikan. Kemudian kita lakukan uji manfaat dan publikasi internasional. Tujuannya untuk melestarikan budaya bangsa,” tukasnya.

Head of Corporate Communication & CSR Martha Tilaar Group, Palupi Candra menambahkan, dengan ajang Kreatif Boom ini diharapkan mahasiswa UP bisa tertular virus wirausahawan. Sehingga mereka tidak perlu menunggu sampai kuliah selesai untuk menjadi seorang wirausahawan.

“Sejak mereka berkuliah pun sudah bisa menjadi entrepreneur tanpa mengganggu akademiknya. Kami juga memfasilitasi mereka yang ingin menjadi pelaku bisnis. Jika mereka punya konsep dan mau kolaborasi maka kami bisa membantu,” katanya.

Menurutnya, menjadi mahasiswa jaman now tidak harus melulu terpaku dengan nilai akademik. Karena di era industry 4.0 maka generasi milenial ini dituntut untuk menjadi kreatif dan inovatif. Martha Tilaar Group sendiri sangat konsern membina generasi muda yang ingin menjadi wirausahawan yang memiliki ide inovatif dan bermimpi besar.

“Sebagai contoh sudah ada mahasiswa yang idenya kami kembangkan dan kini dia menjadi pelaku usaha yang sukses. Dan kami sangat konsern untuk membawa generasi muda ke arah itu,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Harian Career Entrepreneurship Development Centre (CEDC) UP, Petiana Indriati menambahkan, tujuan dari Kreatif Boom ini untuk memberikan ruang bagi entrepreneur muda agar lebih berkembang. Disisi lain juga sebagai pemantapan industry untuk mengukur kebutuhan yang diperlukan. “Martha Tilaar Group masuk ke pendidikan agar bisa mewujudkan cita-cita luhur agar membuat generasi muda mengembangkan kearifan lokal,” katanya.

Harapannya kata dia, mahasiswa UP bisa menjadi generasi yang kompetitif. Mereka diimbau tidak hanya berprestasi dalam akademik saja tetapi juga bisa berkembang di non akademik. “Mahasiswa UP menjadi generai yang bisa berkompetisi. Masuk ke dunia pendidikan untuk mempermudah mencapai sukses. Dan diharapkan mahasiswa tidak hanya sukses akademik saja, tapi bsa berkompetisi,” tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7827 seconds (0.1#10.140)