Peran Indonesia Membangun Stabilitas Ekonomi di ASEAN

Rabu, 14 November 2018 - 17:16 WIB
Peran Indonesia Membangun Stabilitas Ekonomi di ASEAN
Peran Indonesia Membangun Stabilitas Ekonomi di ASEAN
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai negara ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara diyakini mampu memimpin terwujudnya ekosistem ekonomi yang stabil, damai dan sejahtera. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya membangun strategi diplomasi secara politik dan ekonomi untuk menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, mengatakan berkomitmen untuk terus mengawal dan mendukung pemerintahan Jokowi. Apalagi Indonesia mengambil peran dalam penyelenggaraan The 33rd ASEAN Summit yang digelar di Singapura pada 11-15 November 2018.

"Kami mengapresiasi diplomasi Indonesia dibawah pemerintahan Jokowi untuk mewujudkan ASEAN yang tangguh dan inovatif," ujar Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Menurut Airlangga, ekosistem ekonomi yang damai, stabil, dan sejahtera perlu dibina di kawasan Asia Tenggara. Sebab, sekarang berada di tengah ketidakpastian ekonomi global.

"Pemerintahan Jokowi telah membawa Indonesia mengambil banyak langkah ke depan dan membuat kemajuan signifikan untuk keamanan pangan di kawasan ASEAN," katanya.

Di samping itu, lanjut Airlangga, Indonesia juga berperan penting dalam menjaga perdamaian, menjaga hubungan dan perbaikan sosial di ASEAN. Tidak ada konflik antara negara, meski masih ada soal Rohingya.

"Untuk itu berdialog harus menjadi budaya antar negara nggota ASEAN dan dengan mitra ASEAN untuk mewujudkan ASEAN yang tangguh dan inovatif," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5202 seconds (0.1#10.140)