Pembahasan Alokasi 10% Saham PTFI untuk Papua Didasari Niat Baik

Minggu, 25 November 2018 - 19:12 WIB
Pembahasan Alokasi 10% Saham PTFI untuk Papua Didasari Niat Baik
Pembahasan Alokasi 10% Saham PTFI untuk Papua Didasari Niat Baik
A A A
JAKARTA - Holding industri pertambangan, PT Inalum (Persero) mengatakan, terkait alokasi 10% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk Pemerintah Daerah Papua akan dilakukan, setelah Inalum berhasil menuntaskan proses pembelian saham mayoritas PTFI di Desember mendatang.

Inalum menjelaskan, telah melakukan pertemuan antara Gubernur Propinsi Papua dan jajarannya dengan perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, PT Danareksa (Persero) dan Kantor Hukum HPRP Danton pada 22 November lalu di Gedung Negara, Jayapura, Papua.

"Inalum sangat memahami aspirasi yang disampaikan Gubernur Papua dalam pertemuan dan akan terus bekerja sama dengan Pemprov Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika untuk mencari kesepakatan yang terbaik. Keputusan Pemerintah Pusat dan Inalum untuk mengalokasikan 10% saham PTFI untuk Pemerintah Daerah didasari niat yang baik agar masyarakat Papua mendapatkan manfaat yang maksimal dari hasil operasional PTFI," ujar Corporate Communications and Government Relations Inalum, Rendi A. Witular dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, cerita dia, berjalan secara dinamis dan kondusif. Setelah pertemuan, Gubernur Papua dan jajarannya akan mengkaji opsi-opsi yang terbaik bagi para pihak.

Struktur kepemilikan pemerintah daerah yang saat ini diusulkan, termasuk struktur PT Indocopper Investama (PTII) sebagai Perseroan Khusus, adalah struktur yang lazim dan mempertimbangkan aspek finansial, legal dan perpajakan yang efisien bagi semua pemegang saham, termasuk Pemprov Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika.

PTII akan menjadi Perseroan Khusus yang akan dimiliki oleh Inalum dan BUMD Pemerintah Daerah, sesuai kesepakatan induk yang ditandatangani pada 12 Januari 2018 antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Mimika dan Inalum tentang Pengambilan Saham Divestasi PTFI.

PTII saat ini memiliki 9,36% saham di PTFI, perusahaan tersebut 100% dimiliki oleh Freeport McMoRan sejak 2002. Setelah proses divestasi selesai nanti, 100% saham PTII akan dimiliki oleh Inalum, sebelum nantinya dijadikan Perseroan Khusus untuk menampung saham Pemerintah Daerah.

Pertimbangan penggunaan PTII sebagai Perseroan Khusus adalah mekanisme yang paling efisien secara finansial, legal dan perpajakan. Penggantian nama dari PT Indocopper Investama, akan menjadi pertimbangan Inalum dan Pemerintah Daerah.

Inalum akan menunggu kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika mengenai struktur kepemilikan saham dalam BUMD yang akan dibentuk bersama.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6090 seconds (0.1#10.140)