Pelemahan Nilai Tukar Rupiah Diperkirakan Masih Berlanjut

Selasa, 11 Desember 2018 - 09:05 WIB
Pelemahan Nilai Tukar Rupiah Diperkirakan Masih Berlanjut
Pelemahan Nilai Tukar Rupiah Diperkirakan Masih Berlanjut
A A A
JAKARTA - Pergerakan rupiah yang menyentuh batas middle bollinger band dikhawatirkan dapat kembali melampaui batas tersebut. Dengan kata lain, masih dimungkinkan untuk kembali bergerak melemah.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, pelemahan ini apalagi jika sentimen dari global dan internal tidak cukup mendukung adanya kenaikan. Rupiah sendiri pada sesi awal pekan kemarin, terlihat tertekan setelah gagal memudarnya kekuatan dolar AS.

"Diharapkan masih adanya sentimen positif terutama dari dalam negeri dapat menahan pelemahan tersebut. Tetap waspadai berbagai macam sentimen dan waspadai adanya sentimen yang dapat membuat laju rupiah melemah kembali," ujarnya di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.561-Rp14.442/USD. Sementara, pergerakan rupiah di awal pekan cenderung mengalami pelemahan.

"Padahal laju USD sedang bergerak melemah seiring rilis beberapa data makroekonominya yang di bawah ekspektasi. Kemungkinan, pelemahan data-data tersebut sebagai imbas dari terjadinya perang dagang yang pada akhirnya mempengaruhi aktivitas bisnis di kedua negara," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5511 seconds (0.1#10.140)