Masa Depan Pertanian Indonesia di Tangan Anak Muda

Selasa, 29 Januari 2019 - 19:11 WIB
Masa Depan Pertanian Indonesia di Tangan Anak Muda
Masa Depan Pertanian Indonesia di Tangan Anak Muda
A A A
JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan, masa depan sektor pertanian Indonesia ada di tangan anak muda. Generasi milenial ini diharapkan bisa mendorong produktivitas pertanian.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan sektor pertanian tidak membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah besar. Paling utama yakni keberadaan teknologi.

"Pertanian tidak banyak tenaga kerja. Meningkatkan produktivitas, akses ke market, teknologi penanaman dan akses keuangan," ujarnya di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Bambang menjelaskan, anak muda Tanah Air punya ketertarikan menggarap sektor pertanian dari sisi teknologi. Sebab, produktivitas dinilai menjadi kunci mendorong pertanian.

"Masa depan pertanian di produktivitas. Jadi tenaga kerja berkurang karena kalangan muda tidak tertarik. Tapi mereka ingin ke yang produktivitas tinggi," katanya.

Menurut Bambang, sektor pertanian juga bisa membuat kesejahteraan membaik. Asal diiringi dengan tingginya produktivitas untuk meningkatkan akses pasar.

"Tetap menjaga sektor pertanian dengan akses yang ada. Tingkatkan produktivitas agar kesejahteraan membaik," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)