Pameran Batik Nusantara Targetkan Transaksi Rp10 Miliar

Kamis, 31 Januari 2019 - 00:43 WIB
Pameran Batik Nusantara Targetkan Transaksi Rp10 Miliar
Pameran Batik Nusantara Targetkan Transaksi Rp10 Miliar
A A A
BANDUNG - Sekitar 80 stand dari berbagai sentra batik di Indonesia ikut serta pada pameran batik, Legenda Batik Nusantara 2019 di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung.

Puluhan stand batik bakal menjajakan berbagai motif batik nusantara. Seperti batik Pekalongan, Cirebon, Solo, batik Jawa Barat, dan lainnya. Pameran tersebut akan digelar mulai 30 Januari 2019 hingga 3 Februari 2019.

Perwakilan Maxxindo, Andi B, mengatakan pada pameran kali ini, pihaknya menghadirkan sesuatu yang baru bagi masyarakat Bandung. Selain baru, pihaknya juga melakukan sesuatu yang berbeda.

"Misalnya kami memperkenalkan batik Kang Emil. Kita tahu, dia arsitek. Kemudian mendesain batik bersama perajin, membuat motif batik Kang Emil. Kemudian ada batik Jalamas," kata Andi, Rabu (30/1/2019).

Menurut dia, batik-batik tersebut sengaja dihadirkan untuk memberikan sesuatu yang berbeda kepada pengunjung. Walaupun, dia tetap tidak melupakan berbagai macam motif dari batik pakem dan kontemporer. "Kami berharap, melalui pameran ini batik para perajin dapat semakin dikenal," tegas dia.

Tak hanya itu, pameran tersebut juga diharapkan meningkatkan penjualan batik. Selama berlangsungnya lima hari acara, pihaknya berharap dapat mencatat transaksi hingga Rp10 miliar. Walaupun, diakui dia, penjualan batik pada 2018 sempat menurun.

Tahun ini, kata dia, penjualan batik akan semakin membaik. Walaupun ada sebagian kecil perajin, menunggu kondisi setelah Pilpres. Dan, ujar dia, perlu kampanye besar-besaran agar batik kembali menggaung dan diminati masyarakat.

"Batik sebenarnya sudah mendapat tempat di masyarakat Indonesia. Tapi memang banyak faktor yang menyebabkan penjualannya turun. Misalnya adanya batik printing dan impor batik. Itu cukup berpengaruh terhadap penjualan kami," tukas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6415 seconds (0.1#10.140)