Donasi Konsumen Alfamart, Wujud Kepedulian Sesama

Kamis, 07 Februari 2019 - 20:48 WIB
Donasi Konsumen Alfamart, Wujud Kepedulian Sesama
Donasi Konsumen Alfamart, Wujud Kepedulian Sesama
A A A
JAKARTA - Bantuan sosial dari konsumen yang dihimpun oleh Alfamart melalui Donasi Konsumen sangat memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat. Ini salah satu langkah positif yang merupakan jaringan ritel terbesar di Indonesia. Alfamart berusaha memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan masyarakat luas.

“Sebagai toko komunitas yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, kami mengajak peran aktif pelanggan untuk ikut membantu saudara-saudara kita lain yang membutuhkan bantuan,” ungkap Solihin Corporate Affair Director Alfamart, Kamis (7/2/2019).

Menurut Solihin, program Donasi Konsumen Alfamart telah mendapatkan legalitas izin resmi pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Agama, dan laporan pertanggungjawabnya diberikan secara periodik.

Donasi konsumen yang digalang di toko-toko Alfamart seluruhnya disalurkan melalui yayasan sosial yang kredibel, yaitu yayasan yang memenuhi syarat, antara lain memiliki izin resmi, memiliki struktur organisasi yang jelas, program yang bisa memberikan manfaat, kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Pada 2018, ada tiga yayasan yang total donasi yang berhasil digalang setiap periode, semuanya disalurkan oleh yayasan, dan tahun 2018 ada 3 yayasan,” tambahnya.

Pada periode Januari hingga Maret 2018, donasi konsumen disalurkan melalui yayasan BMCI, dengan izin dari Kementerian Sosial No SK 285/HUK-UND/2018. Donasi yang terkumpul sebesar Rp 2.227.051.335 berupa 20.000 paket sembako untuk keluarga prasejahtera, selain itu juga diberikan kepada pengungsi bencana alam.

Sedangkan pada periode April hingga Juni 2018, donasi Rp 2.262.453.760 disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Izin LAZISNU dikeluarkan oleh Kementerian Agama no SK Kemenag 255/2016. Penyalurannya berupa kegiatan khitan massal yang diselenggarakan di 31 kota/kabupaten dan juga untuk perbaikan sarana prasarana rumah ibadah. “Donasi untuk khitan massal gratis ini bermanfaat bagi ribuan anak yang kurang mampu untuk menjalankan salah satu ibadah mereka menuju aqil balig,” timpalnya.

Yayasan ketiga adalah Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU), untuk penggalangan donasi periode Juli sampai Desember 2018. “Untuk pertama kalinya Donasi Konsumen Alfamart disalurkan melalui LAZISMU, dan programnya untuk bidang pendidikan jadi sangat penting, karena bisa ikut mengantarkan adik-adik kita yang membutuhkan untuk menggapai cita-citanya,” ujar Solihin.

LAZISMU adalah yayasan nirlaba bidang sosial yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama, yakni SK Kemenag no. 730/260. Programnya berupa renovasi 20 gedung sekolah dan pembagian perlengkapan sekolah untuk siswa 6500 siswa SD yang didalamnya terdapat seragam sekolah, buku tulis, peralatan tulis, tas dan sepatu. Selain itu juga 1200 paket hygiene family kit untuk bantuan sosial kemanusiaan. Dalam 6 bulan penggalangan terkumpul donasi Rp 4.181.506.108.

Donasi Konsumen Alfamart setidaknya mampu membantu sesama yang membutuhkan bantuan di berbagai sektor mulai dari sosial kemanusiaan, kesehatan, serta pendidikan. Prinsip dari program ini adalah dari masyarakat, oleh dan untuk masyarakat. “Atas nama perusahaan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan Alfamart yang bersedia suka rela ikut berdonasi, karena meskipun yang diberikan sedikit, jika dihimpun dan disalurkan secara maksimal dan tepat sasaran, tentu bisa memberikan manfaat,” terang Solihin.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5591 seconds (0.1#10.140)