Banjir Surut, Bandar Udara Sentani Beroperasi Normal

Minggu, 17 Maret 2019 - 16:23 WIB
Banjir Surut, Bandar Udara Sentani Beroperasi Normal
Banjir Surut, Bandar Udara Sentani Beroperasi Normal
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan operasional penerbangan di Bandar Udara Sentani tetap berjalan normal pasca terjadinya banjir yang melanda wilayah Sentani, Kabupaten Jaya Pura, Papua, Sabtu (16/3) malam.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, mengungkapkan Bandar Udara Sentani beroperasi dengan baik, meski beberapa daerah disekitarnya masih terkena dampak banjir yang menerjang.

"Operasioanal Bandara Sentani dan penerbangan berjalan normal. Kekhawatiran akan terjadi delay jika para calon penumpang dari arah Doyo (lokasi terkena banjir) dan Waena, Abepura, Jayapura, terhalang longsor yang sering terjadi saat hujan, tidak terjadi. Selain itu, lapangan terbang milik Adventist di Doyo juga dilanda banjir namun belum diperoleh informasi tentang kerusakan dan kerugian yang terjadi," papar Polana di Jakarta, Minggu (16/3/2019).

Terpisah, Kepala bagian Tata Usaha Bandara Sentani, Nafiek, mengatakan banjir yang terjadi di beberapa tempat di Sentani secara keseluruhan sudah surut. Sementara, keadaan di kondisi kantor, terminal dan airside di Bandara Sentani, dari pantauan tidak sampai terkena aliran banjir.

Sebelumnya, sempat timbul kekhawatiran karena aliran arus sungai di belakang daerah Runway 12 bisa menimbulkan erosi dan longsor pada bantaran sungai sisi dekat runway.

Namun hasil inspeksi lapangan tadi pagi, hal tersebut tidak terjadi. Hanya memang pada sisi seberang, banyak bangunan sepanjang bantaran sungai tersapu banjir. Untuk area radar kondisi terpantau aman, jalan menuju gedung radar juga clear.

Adanya musibah banjir di Sentani, Ditjen Hubud melalui Bandar Udara Sentani akan mengirimkan bantuan kepada warga masyarakat yang terkena banjir. "Kami prihatin dengan adanya musibah banjir ini, semoga proses evakuasi dapat berjalan dengan baik," tutup Polana.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3282 seconds (0.1#10.140)