Pascabanjir Sentani, 99% Gardu Telah Beroperasi dan 100% Penyulang Pulih

Senin, 25 Maret 2019 - 15:44 WIB
Pascabanjir Sentani, 99% Gardu Telah Beroperasi dan 100% Penyulang Pulih
Pascabanjir Sentani, 99% Gardu Telah Beroperasi dan 100% Penyulang Pulih
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) terus melakukan upaya pemulihan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi Minggu (17/3) lalu. Saat ini PLN telah berhasil memulihkan gardu hingga mencapai 99% dan 100% penyulang telah pulih.

Sementara itu, sejumlah kondisi gardu masih dalam pekerjaan penyelesaian antara lain 6 gardu yang padam karena terendam, perbaikan 3 tower SUTT 70 kV Orya dan sejumlah jaringan yang rusak/putus di sejumlah titik.

Cuaca yang kurang bersahabat seminggu kemarin menjadi kendala proses pemulihan pasokan listrik untuk warga. Cuaca tersebut mengakibatkan banjir susulan dan tanah longsor yang akhirnya berdampak pada sejumlah jaringan terganggu.

"Saat ini tim pemulihan kelistrikan masih terus bekerja dilapangan di lokasi-lokasi bencana banjir kemarin. Namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik dikarenakan akses yang belum bisa ditempuh serta infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup besar", ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Saat ini PLN fokus menyelesaikan perbaikan jaringan yang rusak/putus di titik-titik yang sudah dapat diakses sembari menunggu air surut. Selain itu, perbaikan 3 tower SUTT 70 kv di Orya juga terus dikebut. Gangguan dan pekerjaan ini menyebabkan beberapa lokasi di Sentani mengalami pemadaman, antara lain: Jl. Sosial, jl. Kemiri, Kampung Sosiri, Doyo Baru, sebagian BTN Gajahmada, Komplek Bintang Timur, Yabaso Pantai, Kampung Yakonde, Kampung Telafa Maya, Jl. Lintas Utara

"Tiga tiang konstruksi SUTT kami mengalami kerusakan dimana SUTT tersebut untuk suplai daya dari PLTA Orya, namun kita sudah melakukan pengalihan sementara sehingga konstruksi dapat diperbaiki. Dan hingga saat ini PLN tidak mengalami defisit daya, namun pendistribusian daya yang memang harus ada perbaikan lebih," jelas Made.

PLN terus berupaya menormalkan seluruh pasokan listrik masyarakat di lokasi terdampak dengan cepat, tepat dan mengedepankan faktor keamanan. Bila cuaca bersahabat, imbuh Made, diharapkan dalam minggu ini pekerjaan dapat selesai dan masyarakat dapat menikmati listrik seperti sedia kala.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5355 seconds (0.1#10.140)