Luhut Beri Sinyal Harga Tiket Pesawat Turun Usai Pemilu

Senin, 08 April 2019 - 18:26 WIB
Luhut Beri Sinyal Harga Tiket Pesawat Turun Usai Pemilu
Luhut Beri Sinyal Harga Tiket Pesawat Turun Usai Pemilu
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat bersabar terkait tarif tiket pesawat yang dinilai masih mahal. Dia menyebutkan maskapai tengah berupaya menurunkan harga jualnya agar lebih terjangkau dan direncakanan akan turun usai pemilu

"Kita lihat dulu. Ya sabar, ada pilpres sebentar. Ini kan lagi diproses, tapi saya tekankan enggak ada permainan kartel," ujar Luhut di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan dua aturan baru terkait tarif pesawat yang berlaku mulai Jumat (29/3/2019) lalu. Dalam aturan baru tersebut, ada perubahan terkait besaran tarif batas bawah (TBA), dari yang sebelumnya sebesar 30% dari tarif batas atas menjadi 35%. Sementara tarif batas atas (TBA) tidak mengalami perubahan.

Sambungnya mengenai harga avtur dan biaya servis lainnya diakui Luhut masih menjadi penyumbang besar dari biaya operasional maskapai. Menurut dia, hal tersebut bisa dibandingkan dengan negara lain yang ada di sekitar Indonesia. "Harus ada persaiangan yang sehat dalam industri pesawat terbang," jelasnya.

Kendati demikian, Menko Luhut mengingatkan harga tiket pesawat yang ditetapkan maskapai jangan sampai mematikan industri pariwisata. "Kalau low cost fair itu memang harus ada, tapi lihat juga jangan sampai matikan industri pariwisata juga. Jangan sampai hotel-hotel ini ternyata banyak juga kurang penghuninya," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7452 seconds (0.1#10.140)